Cari Alasan Tolak Main Ikoy-ikoyan Febby Rastanty Disemprot Netizen, Tapi Dibalas Menohok

| 04 Aug 2021 14:00
Cari Alasan Tolak Main Ikoy-ikoyan Febby Rastanty Disemprot Netizen, Tapi Dibalas Menohok
Febby Rastanty (Foto: IG @febbyrastanty)

ERA.id - Tren Ikoy-ikoyan yang dipopulerkan oleh Arief Muhammad tampaknya dianggap meresahkan untuk sebagian publik figur. Kali ini, giliran Febby Rastanty yang menolak dengan tegas untuk mengikuti tren berbagi tersebut.

"Hi guys! Akhirnya paham juga konsep ikoy-ikoyan dan sampai sekarang masih banyak dapat dm ngajak main ikoy-ikoyan. Maaf nih temen-temen kayaknya pass (lewat) dulu untuk 'hype' kali ini. Agak kurang sesuai aja di hati dengan cara yang dilakukan," tulis Febby, lewat unggahan Instagram Storiesnya, pada Rabu (4/8/2021).

Unggahan Febby Rastanty (Foto: Screenshoot IG Stories)

Menurut Febby memang manusia tidak bisa menghakimi siapa yang berhak diberi dan tidak diberikan sedekah. Namun, ia menilai bahwa tren ini bisa membuat masyarakat menjadi memiliki mental minta-minta, tanpa melakukan usaha. Ia merasa khawatir tren ini akan menjadi kebiasaan, dan masyarakat menjadi malas.

"Netizen adalah masyarakat. Karakter masyarakat mencerminkan bangsa. Masa mau di cap sebagai bangsa yang malas dan punya mental pengemis," kata Febby.

Selain itu, artis berusia 25 tahun itu juga menyinggung mengenai latar belakang orang yang mendapatkan bantuan dari tren tersebut. Menurutnya, orang-orang yang masih bisa bermain media sosial dan mengikuti tren tidak termasuk kategori yang harus diberikan sedekah.

"Kalau masih punya hp, masih bisa main hp, masih bisa beli paket data, masih bisa buka social media, aku berdoa semoga kalian juga masih punya semangat yang tinggi dan fisik yang cukup kuat untuk usaha dan bekerja," ujarnya.

Sayangnya, pendapat Febby ini tampaknya tak bisa diterima oleh seorang netizen. Netizen itu menyarankan Febby untuk diam saja jika tidak ingin mengikuti tren.

Unggahan Febby Rastanty (Foto: Screenshoot IG Stories)

"Kalo gak mau gak usah ngedumel mbk yg mau aja dan ngasih seikhlasnya," kata netizen itu.

Febby pun langsung membalas kritikan dari netizen itu dengan pesan yang cukup menohok. Ia mengatakan bahwa hal itu dilakukannya karena sudah menjadi tugasnya sebagai publik figur untuk mengedukasi masyarakat.

"Aku punya jutaan followers dari berbagai macam usia dan latar belakang. Aku punya tanggung jawab mengedukasi mereka atas apa yang menurutku baik. Beban moral dan juga ada pertanggungjawabannya di hari akhir, hehe," balas Febby Rastanty.

Rekomendasi