Segera Hentikan, 4 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatan Tubuh

| 15 Aug 2021 17:21
Segera Hentikan, 4 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Mengganggu Kesehatan Tubuh
Kebiasaan buruk malam hari (Foto: Unsplash.com)

ERA.id - Malam hari merupakan waktu yang sebaiknya digunakan untuk relaks dan mengistirahatkan tubuh setelah sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Kendati demikian, kenyataannya banyak juga orang yang masih melakukan berbagai aktivitas di malam hari.

Ternyata kebiasaan yang dilakukan di malam hari bisa sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh, lho. Inilah beberapa aktivitas di malam hari yang bisa menjadi kebiasaan yang mengganggu kesehatan tubuh, dilansir dari The Active Times.

1. Tidur terlalu larut malam

Setiap pastinya membutuhkan tidur malam yang cukup, karena hal tersebut sangat baik untuk tubuh. Jika tidak cukup tidur setiap malam akan membuat rasa lelah di pagi hari dan juga mempengaruhi berat badan.

Diketahui bahwa orang yang kurang tidur bisa mengalami risiko terkena obesitas yang lebih tinggi. Orang yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak kalori, sehingga bisa mengalami peningkatan obesitas. Dengan demikian, tidur tepat waktu harus dibiasakan dan usahakan untuk tidak tidur terlalu larut.

2. Makan mendekati waktu tidur

Kebiasaan buruk di malam hari (Foto: Unspalsh.com/pablo)

Waktu makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur di malam hari bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Baik itu makan besar atau ngemil, makan dekat waktu tidur bisa menyebabkan penambahan berat badan dengan cepat.

Ini dikarenakan pada malam hari tubuh tidak mencerna makanan seefisien pada siang hari. Oleh karena itu, hindari makan tiga atau empat jam sebelum tidur malam, agar tidak mengalami penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

3. Menggunakan handphone

Menggunakan handphone di malam hari bisa menyebabkan kesulitan untuk tidur. Radiasi yang ditimbulkan dari handphone dapat secara serius mengganggu tidur.

Tak hanya itu, penggunaan handphone di malam hari dapat menyebabkan sakit kepala, dan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Untuk itu, hentikan penggunaan handphone ataupun alat elektronik lainnya sebaiknya satu jam sebelum tidur.

4. Olahraga berat tepat sebelum tidur

Kebiasaan buruk di malam hari (Foto: Unspalsh.com/boxed)

Olahraga merupakan kegiatan yang baik dilakukan setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, berolahraga berat tepat sebelum tidur di malam hari adalah hal yang buruk untuk dilakukan.

Ini karena dengan olahraga akan memicu energi dalam tubuh naik, padahal sebaiknya energi harus turun agar tidur lebih nyenyak dan gampang. Dengan energi tubuh yang naik, seseorang cenderung akan mengalami kesulitan untuk tidur dan bisa menyebabkan insomnia, serta mempengaruhi tekanan darah.

Nah, itulah 4 kebiasaan buruk di malam hari yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, di antara semuanya, mana yang paling sering kamu lakukan? Yuk, hentikan mulai dari sekarang,ya.

Rekomendasi