5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Akan Membuat Tidur Berkualitas

| 12 May 2023 22:05
5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Akan Membuat Tidur Berkualitas
Ilustrasi wanita tidur (Freepik)

ERA.id -Aktivitas sebelum tidur ternyata berpengaruh penting pada kualitas tidur dan kesehatan tubuh dan pikiran. Masih banyak orang yang melakukan screen time atau bermain gadget menjelang waktu tidur. Padahal kegiatan tersebut justru menjadi kebiasaan buruk yang bisa mengganggu tidur Anda. Lantas apa saja kebiasaan baik sebelum tidur yang perlu dilakukan.

Tidur merupakan aktivitas penting untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Kualitas tidur sangat mempengaruhi kesehatan Anda secara menyeluruh. Namun banyak orang yang kesulitan tidur atau mengalami insomnia padahal sudah berusaha memejamkan mata. Kondisi ini bisa disebabkan karena Anda melakukan aktivitas yang kurang baik saat di waktu akan tidur. 

Jika kualitas tidur Anda buruk maka akan membuat cepat lelah dan kesulitan konsentrasi saat beraktivitas, serta dapat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu menjalankan kebiasaan baik sebelum tidur agar mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Kebiasaan Baik sebelum Tidur

Berikut ini rekomendasi sejumlah kegiatan baik yang bisa Anda lakukan sebelum tidur:

Mematikan Gadget

Salah satu kebiasaan baik yang perlu Anda lakukan sebelum tidur adalah mematikan gadget. Kebiasaan yang satu ini mungkin akan terasa sulit dilakukan, mengingat hampir setiap waktu orang-orang memegang atau mengakses gadget. Namun kebiasaan ini perlu Anda bangun setiap hari agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Misalnya dengan mematikan gadget minimal satu jam sebelum terpejam. 

Menulis atau Journaling

Kebiasaan baik sebelum tidur melakukan journaling (Freepik)

Menulis menjadi kebiasaan baik dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan sebelum tidur. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ketika Anda menuliskan suatu hal yang jadi beban pikiran atau uneg-uneg, maka bermanfaat mengeluarkan dan membersihkan pikiran Anda. Dengan cara tersebut, Anda juga akan lebih mudah tertidur. Selain itu, menulis jurnal juga bermanfaat meningkatkan kemampuan otak.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Apabila Anda kerap kesulitan tidur atau mengalami insomnia, maka sebaiknya guyur badan Anda dengan air hangat sebelum tidur. Saat tubuh terkena air hangat, maka otot-otot di badan akan jadi rileks dan membuat Anda merasa nyaman dan tenang. 

Membaca Buku

Selain menulis, membaca buku juga menjadi kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan sebelum tidur. Jadi dibandingkan bermain gadget, sebaiknya Anda mengambil satu buah buku lalu membacanya. Aktivitas membaca buku akan membantu pikiran jadi rileks dan bisa memunculkan rasa kantuk, sehingga Anda mudah tertidur. 

Meditasi

Selain di pagi hari, meditasi juga bisa dilakukan sebelum tidur. Anda bisa meditasi dengan aromaterapi yang wanginya menenangkan, meredupkan lampu, atau memejamkan mata selama beberapa saat. Kegiatan ini akan mengurangi stres membuat pikiran jadi rileks. 

Demikianlah beberapa kebiasaan baik sebelum tidur yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jadi dibandingkan menghabiskan waktu scroll media sosial, sebaiknya Anda melakukan aktivitas di atas. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi