Pertanyakan Kekayaan Anies Baswedan Naik 2 Kali Lipat Setelah 3 Tahun Jadi Gubernur, Nikita Mirzani: Lah Kok Iso?

| 09 Sep 2021 16:00
Pertanyakan Kekayaan Anies Baswedan Naik 2 Kali Lipat Setelah 3 Tahun Jadi Gubernur, Nikita Mirzani: Lah Kok Iso?
Nikita Mirzani (Foto: Instagram/@nikitamirzanimawardi_172)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2020 kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam laporan itu, harta kekayaan sang gubernur mengalami peningkatan sebanyak 2 kali lipat.

Kekayaan Anies Baswedan yang meningkat ini mendapatkan sorotan dari berbagai kalangan, salah satunya artis Nikita Mirzani. Melalui Instagram Stories-nya, perempuan kerap disapa Nyai ini membagikan tulisan yang berkaitan dengan Anies Baswedan.

Bintang film Comic 8 ini mendapatkan informasi soal kekayaan Anies Baswedan yang mengalami kenaikan dua kali lipat. Hal itu diketahuinya saat membaca sejumlah berita dari media online. Lalu, Nikita juga heran mengapa hartanya bisa meningkat drastis selama menjabat menjadi gubernur.

Nikita Mirzani (Foto: Instagram/nikitamirzanimawardi_172)
Nikita Mirzani (Foto: Instagram/nikitamirzanimawardi_172)

"Baru baca berita katanya total kekayaan Anies meningkat semasa menjabat menjadi gubernur DKI Jakarta," tulis Nikita Mirzani.

"Lak kok iso?" tanyanya.

Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)
Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Dilihat pada situs https://elhkpn.kpk.go.id, pada tahun 2020 Anies melaporkan diri memiliki kekayaan sebesar Rp10,91 miliar. Anies tercatat memiliki 5 unit tanah, beserta bangunan milik sendiri, hibah, dan warisan dengan nilai mencapai Rp13,34 miliar.

Selain itu, pria berusia 52 tahun ini memiliki 4 kendaraan dengan nilai Rp648 juta. Ia memiliki harta bergerak lainnya Rp1 miliar, surat berharga Rp56 juta, kas dan setara kas Rp2 miliar, serta harta lainnya Rp631 juta. Jika dijumlahkan, hartanya menjadi Rp17,76 miliar.

Dalam laporan tersebut, Anies pada tahun 2020 memiliki utang sebesar Rp6,84 miliar. Sehingga, harta kekayaan bersih Anies di tahun 2020 adalah Rp10.915.550.262.

Sementara pada 2017, kekayaan Anies Baswedan mencapai Rp 11,26 miliar. Namun nilai ini belum dikurangi utangnya Rp5,6 miliar. Sehingga jika ditotal, hartanya kala itu Rp 5,6 miliar.

Rekomendasi