Nyaris Bangkrut, Daniel Mananta Gadaikan Apartemen untuk Gaji Karyawan

Daniel Mananta (Foto: IG @vjdaniel)

ERA.id - Daniel Mananta secara blak-blakan mengakui bahwa ia pernah menggadaikan apartemennya sendiri untuk membayar gaji para karyawannya. Hal ini bahkan dilakukan Daniel sebelum pandemi COVID-19 berlangsung, yakni sekitar bulan Oktober 2019.

Kala itu, brand fashion Daniel, Damn! I Love Indonesia mengalami kemunduran. Ini membuatnya merugi dan harus menggadaikan asetnya sendiri untuk menanggulangi biaya gaji karyawan.

"Jadi Oktober 2019 sebenarnya gue sudah menjaminin apartemen gue untuk membayar gaji karyawan Damn! I Love Indonesia saat itu. Itu bahkan bukan pandemi," ujar Daniel, dilansir dari akun YouTube KH Infotainment, pada Selasa (14/9/2021).


Presenter berusia 40 tahun itu menggadaikan apartemennya ke bank. Itu harus dilakukan Daniel dengan harapan bisnisnya dapat terus berjalan.

"Saat itu gua minjam dari bank untuk bayar staf-staf kita dan supaya bisnis operationnya bisa tetap berjalan," katanya.

Masuk tahun 2020 dan pandemi COVID-19 menyerang, Daniel pun akhirnya pasrah dan hanya berserah kepada Tuhan. Ia mengaku sudah menerima jika bisnisnya bangkrut kala itu.

"Di tahun 2020 sebelum pandemi, kebetulan gue udah siap banget. Gua sudah berserah banget. Tuhan yaudah deh kalau misalnya emang rencananya Damn! I Love Indonesia memang harus bangkrut, yaudalah, apalagi sudah pandemi kita sudah diujung banget," ungkapnya.

Namun, hal tersebut tidak terjadi karena Daniel bertemu dengan rekan kerja yang membantunya keluar dari ancaman kebangkrutan. Ia melakukan kolaborasi brandnya dengan produk sepeda rekan bisnisnya, yang ternyata dipakai oleh Presiden Joko Widodo, dan membuat penjualan produknya meningkat tajam.

"Tapi ternyata gua kolaborasi dengan partner bisnis gua, kolaborasi sepeda dengan Damn! I Love Indonesia. Sepedanya itu dipakai pak Jokowi itu bikin brand gua meningkat lagi. Dan itu adalah hal-hal yang tidak bisa gue kontrol," pungkasnya.

Tag: presiden jokowi Daniel Mananta brand lokal

Bagikan: