Pembawa Keberuntungan, 8 Tanaman Hias Ini Dipercaya Membuat Rumah Jadi Hoki Finansial

Tim Editor

Sirih gading (Foto: Instagram/@folia.houseplant)

ERA.id - Di tengah pandemi COVID-19, kegiatan menanam tanaman hias menjadi salah satu hobi yang dilakukan orang-orang. Tanaman hias memang menciptakan suasana rumah yang asri nan sejuk. Bahkan, tanaman juga membuat rumah jadi tambah cantik.

Selain sejuk, ada pun beberapa tanaman yang harus kamu miliki di rumah karena dipercaya bisa membawa keberuntungan atau hoki menurut feng shui. Konon, ada beberapa tanaman bisa membuat si pemilik rumah mempunyai keberuntungan finansial ke rumah. Dilansir dari Balcony Garden Web, berikut beberapa jenis tanaman pembawa hoki menurut feng shui:

1. Swedish ivy (Plectranthus verticillatus)

Swedish ivy (Foto: Instagram/@houseplantdiary)
Swedish ivy (Foto: Instagram/@houseplantdiary)

 

Umumnya ditanam sebagai tanaman keberuntungan, plectranthus adalah tanaman yang berasal Afrika tenggara. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Swedish Ivy dan tanaman uang. Meskipun sebagian besar tidak digunakan sebagai tanaman hias, ini adalah salah satu tanaman terbaik yang menarik kekayaan di rumah.

Kamu dapat menanam Swedish Ivy dengan mudah di dalam ruangan di pot gantung atau sebagai penutup tanah di pekarangan rumah. Jika kamu menanamnya sebagai tanaman hias, letakkan di ketinggian agar cabangnya mudah menyebar. Ingatlah untuk tidak menempatkan tanaman di bawah sinar matahari langsung karena bisa membakar daun.

2. Pohon uang (Pachira aquatica)

Tanaman ini tumbuh secara alami di daerah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Ditandai dengan daun yang hijau, kulit batang yang halus, dan bunga yang memanjang, tanaman ini dipercaya dapat membuatmu beruntung.  


Pachira juga penting dalam feng shui untuk menarik uang. Tanaman ini memiliki lima daun per batang, dan nomor lima sangat berharga dalam feng shui karena melambangkan elemen.

Menanam Pachira mudah karena tak membutuhkan banyak cahaya dan tumbuh subur di tempat teduh parsial dan suhu sedang. Disarankan untuk tidak memupuk tanaman hias ini secara teratur selama tahun pertama.

3. Bambu rejeki (Dracaena sanderiana)

Bambu rejeki (Foto: Instagram/@garden_glow_)
Bambu rejeki (Foto: Instagram/@garden_glow_)

Kamu dapat menemukan bambu rejeki atau lucky bamboo di mana saja dari toko tanaman hingga supermarket. Di banyak negara Asia, diyakini bahwa bambu rejeki membawa keberuntungan dan uang ke rumah.

Menanam dan merawat tanaman ini mudah. Tanaman ini tumbuh hanya di air, sehingga ingatlah untuk menjaga akar tertutup air setiap saat. Secara keseluruhan, bambu rejeki adalah tanaman hias yang tumbuh subur saat tidak dirawat secara rutin.

4. Ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum)

Di India, ruku-ruku atau holy basil memiliki makna yang luar biasa. Ini adalah salah satu tanaman herbal yang paling kuat dan umumnya tumbuh di luar ruangan, di pintu masuk rumah India.

Menanam ruku-ruku di dalam ruangan juga dimungkinkan jika kamu meletakkannya di dekat jendela yang menghadap ke selatan atau barat dan menjaga tanah tetap kering.

5. Rue (Ruta graveolens)

Rue (Foto: Instagram/@flor_esser_by_antonia_)
Rue (Foto: Instagram/@flor_esser_by_antonia_)

 

Rue adalah tanaman herbal berbau kuat dari Eropa selatan. Tanaman ini diyakini memiliki banyak sifat magis dan obat yang memberimu perlindungan, membawa keberuntungan, uang, dan kemakmuran.

Kamu dapat menanam rue di tempat yang cerah di balkon atau di dalam ruangan dekat jendela yang menghadap ke barat daya di tanah yang kering dengan baik.

6. Tanaman giok (Crassula ovata)

Dalam feng shui, tanaman yang menghasilkan daun bulat atau lingkaran bisa membawa keberuntungan. Tanaman giok atau jade plant memiliki fitur ini dan biasanya diberikan sebagai hadiah saat pembukaan bisnis baru. Tanaman giok adalah tanaman hias sukulen yang sempurna yang dapat hidup selama bertahun-tahun dengan perawatan yang tepat. Siram hanya saat tanah kering, dan pastikan untuk memberikannya sinar matahari langsung selama beberapa jam.

7. Sirih gading (Epipremnum aureum)

Sirih gading (Foto: Instagram/@momidini)
Sirih gading (Foto: Instagram/@momidini)

 

Di banyak negara Asia, orang percaya bahwa sirih gading adalah salah satu tanaman keberuntungan yang membawa keberuntungan dan uang ke rumah atau kantor. Selain itu, sirih gading bisa menjadi tanaman hias yang sangat baik untuk membersihkan udara dan menghilangkan racun.
Menanam dan merawat sirih gading sangat mudah, karena dapat berkembang dengan mengabaikan dan tidak perlu banyak perhatian. Tempatkan tanaman di bawah sinar matahari tidak langsung dan air secukupnya.  

8. Tanaman karet atau rubber plant (Ficus elastica)

Tanaman karet dianggap sebagai tanaman keberuntungan karena daunnya yang bulat menunjukkan kekayaan, keberuntungan, dan kemakmuran dalam feng shui. Letakkan di pintu masuk atau area kekayaan di rumah atau kantor untuk membawa uang dan kesuksesan.

Selain itu, tanaman karet juga membantu menghilangkan polutan dari udara. Menanam tanaman karet sebagai tanaman hias juga tidak sulit. Tempatkan tanaman di tempat yang menerima sinar matahari tidak langsung. Gunakan media tanam yang menyerap air dengan baik dan hindari penyiraman yang berlebihan.

Tag: Tanaman Hias tanaman tanaman keberuntungan

Bagikan: