5 Tanaman Pembawa Keberuntungan untuk Menyambut Imlek Sesuai Feng Shui

| 05 Feb 2021 08:00
5 Tanaman Pembawa Keberuntungan untuk Menyambut Imlek Sesuai Feng Shui
Bambu Rejeki (Foto: Instagram/@umauma.catalog) imlek tanaman keberuntungan

ERA.id - Menjelang Tahun Baru China, tentu merayakan imlek ada banyak hal yang harus disiapkan. Salah satunya mendekorasi rumah dengan berbagai tanaman hias. Selain mempercantik rumah, ada beberapa tanaman yang dipercaya membawa keberuntungan menurut Feng Shui.

Dilansir dari West Coast Garden pada Jumat (5/2/2021), ada beberapa tanaman yang diyakini mampu membawa keberuntungan di tahun baru ini. Berikut 5 tanaman yang dipercaya pembawa keberuntungan.

1. Bambu rejeki (Dracaena sanderiana) 

Bambu rejeki (Foto: Instagram/@atmosphera_pe)

Bambu rejeki kerap menjadi tanaman hiasan saat Tahun Baru Imlek sebenarnya bukan berasal dari keluarga bambu, melainkan Dracaena. Batangnya warna hijau cerah memiliki penampilan seperti bambu dan dikatakan pembawa keberuntungan selama Tahun Baru dan seterusnya. 

Terdapat 5 elemen yang membuat tanaman Lucky Bamboo semakin beruntung, yaitu elemen tanah dari batu mengelilingi batang, elemen logam dari koin dekoratif, aksen berwarna emas atau pot logam, elemen air digunakan untuk menyirami tanaman,elemen api pita merah atau aksen merah lainnya serta elemen kayu dari tanaman bambu.

2. Tanaman jade atau tanaman hiok (Crassula ovata) 

Tanaman jade (Foto: Instagram/@guslie.garden)

Daun berwarna hijau zamrud cerah dari Tanaman Giok diyakini membawa kekayaan, keberuntungan dan keberuntungan selama Tahun Baru Imlek. Tanaman bakal mendatangkan keberuntungan saat dijadikan sebagai hampers atau hadiah. Kehadirannya di ruangan, bisa membuat rumah terasa hangat. Tanaman ini mudah dirawat dan menyukai sinar matahari langsung, setidaknya empat jam cahaya.

3. Bonsai 

Bonsai (Foto: Instagram/@bonsai_inspiration)

Bonsai yang subur terlihat mempercantik rumah sepanjang tahun, terutama saat Tahun Baru Imlek. Pohon mini ini sangat elegan, dan punya bentuk yang unik. Kamu bisa memilih pot dekoratif yang dapat dicocokkan dengan ruangan. Bonsai disiram setiap minggu, setiap kali bagian atas tanah kering. 

Letakkan tanaman di lokasi yang cerah, dengan sinar matahari tidak langsung, seperti jendela yang biasa cahaya masuk. Bonsai menyukai kelembaban. Jadi, kamu bisa memberikan semprotan air setiap hari atau menggunakan nampan kerikil basah di dekatnya.

4. Pilea (Pilea peperomioides) 

Pilea (Foto: Instagram/@plantsoffice)

Pilea dikenal dengan Chinese Money Plant, karena daunnya yang bulat seperti koin. Konon, tanaman indoor favorit ini bakal membawa kemakmuran. Siramkan Pilea dan biarkan sampai tanah kering sebelum melakukan penyiraman lagi. Pilea butuh cahaya tidak langsung yang terang dan sangat menyukai sinar matahari pagi.

5. Pohon uang atau kacang saba (Pachira aquatica) 

Pohon uang atau kacang saba (Foto: Instagram/@thepottedearthco)

Pohon uang atau kacang saba dianggap sebagai simbol kesuksesan finansial. Tanaman pohon uang memberikan keindahan dalam ruangan kantor atau rumahmu sepanjang tahun, terutama di Tahun Baru Imlek. Batangnya yang saling bertautan yang terlihat seperti anyaman dan daun hijau panjangnya menarik perhatian dan mudah dirawat. 

Letakkan tanaman dalam cahaya terang dan tidak langsung. Hindari angin kencang dan usahakan selalu jaga kelembaban udara tetap tinggi dengan rajin menyemprotnya atau menempatkan pot di nampan kerikil dan air.

Rekomendasi