Lagi Banyak Digemari, Ini 5 Manfaat Tanaman Hidroponik yang Bisa Kamu Rawat di Rumah

| 02 Oct 2021 08:02
Lagi Banyak Digemari, Ini 5 Manfaat Tanaman Hidroponik yang Bisa Kamu Rawat di Rumah
Tanaman hidroponik (Foto: Pexels/Jatuphon Buraphon)

ERA.id - Di masa pandemi Covid-19, berkebun atau bercocok tanam menjadi tren untuk mengusir rasa kebosanan. Salah satu metode berkebun yang lagi banyak digemari dan bisa kamu lakukan adalah hidroponik. Metode hidroponik memang sangat cocok diterapkan di rumah bahkan apartemen yang tak membutuhkan lahan luas.

Proses menanam tanaman hidroponik juga terbilang sederhana dan perawatannya tidak rumit. Selain perawatan, kamu juga harus tahu manfaat dari tanaman hidroponik. Berikut 5 manfaat hidroponik yang bisa kamu rawat, seperti dilansir dari Eden Green Technology.

1. Tanaman hidroponik menghasilkan pangan berkualitas tinggi

Tanaman hidroponik (Foto: Pexels/Pragyan Bezbaruah)
Tanaman hidroponik (Foto: Pexels/Pragyan Bezbaruah)

Kebun tanaman hidroponik mempunyai mikrobioma tersendiri sehingga dapat ditanaman di mana saja. Ini berarti tanaman hidroponik dapat dipanen pada puncak kematangan sehingga makanan nabati yang ditanama dengan hidroponik bisa dikonsumsi dalam kondisi yang masih sangat segar.

2. Tanaman hidroponik lebih cepat panen

Sebagian besar buah dan sayur membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mencapai kematangan, jika ditanam dengan metode tradisional. Namun, tingkat pertumbuhan tanaman hidroponik lebih cepat 30-50o persen dibandingkan tanaman yang ditanam di tanah. Dengan metode hidroponik nutrisi lebih mudah tersedia untuk diserap oleh tanaman. Menanam dengan metode ini juga lebih dapat mengontrol panas, cahaya, hidrasi, hama dan aspek lainnya.

3. Tanaman hidroponik menghemat air

Tanaman hidroponik (Foto: Pexels/Anna Tarazevich)
Tanaman hidroponik (Foto: Pexels/Anna Tarazevich)

Menanam tanaman di air sebenarnya menggunakan lebih sedikit air, jika dibandingkan menanam tanaman di tanah. Faktanya, tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan air hingga 98 persen lebih sedikit dibanding tanaman yang ditanam secara tradisional. Hal ini penting karena berdasarkan laporan WHO, hanya 71 persen populasi dunia yang memiliki layanan air minum yang dikelola dengan aman.

4. Tanaman hidroponik memaksimalkan ruang

Menanam tanaman hidroponik tidak membutuhkan ruang yang luas. Metode ini bisa dipraktikkan di ruang yang kecil, seperti teras rumah atau balkon. Salah satu alasan tanaman hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas adalah karena akarnya tidak menyebar untuk mencari kelembapan dan nutrisi. Air dan nutrisinya dikirim ke akar secara langung. Ini berarti bahwa sistem akar tanaman hidroponik membutuhkan lahan yang jauh lebih kecil.

5. Tanaman hidroponik memfasilitasi iklim mikro

Tanaman hidroponik (Foto: Pexels/Pragyan Bezbaruah)
Tanaman hidroponik (Foto: Pexels/Pragyan Bezbaruah)

Tanaman hidroponik dapat dengan mudah terkandung dalam rumah kaca hidroponik sehingga mereka memiliki iklim mikro tersendiri. Di fasilitas yang suhunya terkontrol, tanaman dapat tumbuh sepanjang tahun, terlepas dari iklim atau cuaca di luar.

Rekomendasi