ERA.id - Lewi’s Collective Market merupakan sebuah acara yang mewadahi para pelaku UMKM untuk melakukan promosi, pemasaran dan branding. Dalam Acara ini, ada sebanyak 34 brand lokal yang terdiri dari fashion, beauty, home and living, produk organik, dan 6 diantaranya merupakan roastery kopi lokal Indonesia.
Acara ini juga dimeriahkan dengan adanya 9 workshops yang terdiri dari Latte Art workshops bersama Robby Firlian, Painting workshops bersama Bartega Studio, Pottery Workshops bersama Studio Lilou, Yoga Class bersama Mood Jakarta dan Mossa Studio, serta Healthy Cooking dari Lewi’s Organics dan 7 Buffet. Acara ini dilaksanakan mulai dari tanggal 30 September – 3 Oktober 2021 (4 hari).
Acara ini bertujuan untuk menunjukkan kepada publik bahwa kolaborasi kolektif antar UMKM dapat dilaksanakan dengan cara yang unik, berbasis komunitas, menarik dan modern tanpa harus dilakukan di tempat-tempat umum yang sudah menjadi status quo seperti mall, stadion dan gelanggang olahraga.
Acara ini diselenggarakan oleh Lewi’s Organics dan DARA selaku main event collaborator, disponsori oleh iSeller, BRI, 7 Buffet, PT Tirta Investama dan PT. Profil
Mitra Abadi; didukung oleh Kementerian Koperasi & UKM RI, PT. Sukanda Djaya dan Print 46. Selain pameran brand lokal, acara ini juga akan menghadirkan fashion show yang merupakan kolaborasi dari 3 brand lokal yaitu DARA, HEIM, Lutfigani dan Lafaina yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Oktober 2021 pukul 16.30.
Sekilas tentang 3 Brand yang mengadakan fashion show, DARA adalah sebuah fashion brand wanita yang dibuat terinspiransi dari kumpulan aspirasi wanita Indonesia yang bertujuan untuk mewakili taste dan fit dari wanita Indonesia.
DARA berfokus pada konsep design yang modern dan klasik untuk wanita Indonesia.
Sedangkan HEIM adalah sebuah fashion brand kontemporer pria yang berfokus kepada tiga konsep. Comfort, functionality dan timeless. Kedua brand dengan ciri khas timeless dan modern ini bekerjasama dengan Lafaina, yang menampilkan budaya, karakter dan motif-motif asli kain tenun NTT untuk menggabungkan kain tenun khas NTT dan pakaian modern terkini.
Fashion show kain-kain Tenun Lafaina diadopsi langsung dari penenun, atau pemilik pertama kain tenun, bukan dari toko-toko penjual kain. Hasil dari penjualan kain Lafaina akan di sumbangkan kepada Tani Tenun Foundation, sebuah Yayasan yang beroperasi dengan cara melatih wanita tani tenun menjadi pengusaha dengan melatih kedisiplinan, komitmen, kejujuran dalam berkolaborasi dengan cara pelatihan dan membina hubungan baik, juga mengaplikasi sistem produks organik seperti menggunakan bahan alami yang di tanam sendiri guna menjaga kelestarian alam, ekosistem dan lahan pertanian bebas kimia untuk generasi mendatang.
Lewi’s Collective Market sendiri akan diadakan di Lewi’s Organics Workshop yang didirikan pada Agustus 2020 sebagai tempat berkumpul bagi para konsumen penikmat produk-produk sehat seraya menikmati pengalaman unik di tempat yang sejuk dengan nuansa budaya tradisional Indonesia. Lewi’s Organics workshop
sendiri terinspirasi dari Lewi’s Organics products yang mendistribusi dan memasarkan produk-produk organik, sehat dan berkualitas ekspor hasil dari petani-petani dan unit pengolahan UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.
Lewi’s Organics memiliki visi untuk menjadi wadah edukasi bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki gaya hidup yang sehat dan memberikan perhatian lebih terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi.
Bersamaan dengan event Lewi’s Collective Market, akan diluncurkan juga restoran Casa De Rote, yang merupakan tempat yang menyediakan pengalaman cultural eating, dimana pengunjung dapat menikmati nuansa budaya tradisional dipadukan dengan citarasa modern dalam menu-menu makanan dan minuman yang
disajikan. Budaya Portugis – yang juga merupakan bagian daripada sejarah di Indonesia – juga mengambil bagian di dalam resep-resep unik khas Casa de Rote.