Kritik Kaligrafi Allah dan Muhammad yang Dipasang Sejajar, Five Vi: Berbahaya...

Tim Editor

Kolase foto Five Vi

ERA.id - Kaligrafi bertuliskan Allah dan Muhammad kerap ditemukan terpasang sejajar di beberapa tempat. Hal ini lumrah, banyak dianggap orang awam sebagai dekorasi yang baik.

Meski begitu, ternyata, kaligrafi yang biasanya dipasang sejajar tersebut, dianggap Five Vi bisa menimbulkan mudarat. Dalam unggahannya di Instagram, ia memberi masukan yang baik untuk umat muslim.

Intinya, ia bilang, berbahaya jika menganggap remeh pemasangan kaligrafi tersebut. Omongannya tersebut pun diambil dari saripati ucapan Ustaz Berik Said.


"Bahkan hal ini bisa saja terdapat di dinding rumah kita. Umumnya di sebelah kanan ada tulisan Allah dan sejajar dengannya di sisi kiri ada kaligrafi bertuliskan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ingat jangan remehkan masalah ini, bisa berbahaya.

Berikut kami tuliskan Fatwa Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah: "Meletakannya seperti ini tidak dibenarkan, karena berarti menjadikan Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam sebagai tandingan bagi Allah dan mensejajarkannya. Andai saja ada seseorang melihat tulisan ini dan ia tidak mengetahui dua nama yang tertulis sejajar tersebut, niscayalah ia akan yakin keduanya setara dan serupa.

Sehingga wajib menghilangkan nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kini tinggal meninjau tulisan Allah saja. Sesungguhnya hal ini merupakan perkataan orang-orang Shufi.

Mereka menjadikan kata "Allah" Itu sebagai pengganti dzikir, mengucapkan "Allah, Allah, Allah" dengan asumsi semacam ini, maka tulisan itupun harus dihilangkan juga. Sehingga tidak boleh menulis nama Allah dan ataupun Muhammad di dinding, kertas atau lainnya." (Majmu Fatawa wa Rasa’il Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah III:75)."

Usai mengunggah konten tersebut, Five Vi seperti biasa langsung diserbu netizen karena dianggap bikin kontroversi lagi.

"Buset dah..ni orang kayak mau mengubah kebiasaan2 orang islam.. kalo gak boleh sejajar.. lo bilangin noh ke seluruh masjid di dunia.. sakit nih orang lama2.. belajar agama cm dari google yah gini," tulis akun startyourjourneys.

Ada juga yang merasa tersentil dan mengaku telah salam memasang kaligrafi selama ini. "Ya allah..kak..saya baru tau....maafin ya allah...terimakasih kak ilmunya...nnti saya mau rapihin ga kaya gt lg..." tulis akun intanpuspitasarimeongmeong.

Tag: islam Five Vi muslim profil five vi five vi kritik kaligrafi kaligrafi allah dan muhammad kaligrafi dipasang sejajar

Bagikan: