Five Vi Bagikan Kabar Mengejutkan: Haram Senam Yoga!

| 17 Jan 2022 08:00
Five Vi Bagikan Kabar Mengejutkan: Haram Senam Yoga!
Five Vi

ERA.id - Mantan artis yang kini telah berhijab, Five Vi Rachmawati memberi kabar ke umat muslim bahwa sebenanrya senam yoga itu haram.

Eks pemain film yang kerap berbusana seksi itu membagikan informasi soal keharaman senam yoga lewat Instagram story-nya.

Berikut isi kabar yang dibagikan oleh Five Vi dari akun @salafimengaji.

"Yoga haram menurut pendapat yang benar, tidak hanya Himpunan Ulama Malaysia saja yang merilis fatwa haram terhadap yoga, bahkan MUI di Indonesia pada tahun 2009 telah secara resmi merilis fatwa haramnya yoga. Di antara alasan yang dikemukakan oleh Asrorun Ni’am sekertaris komisi fatwa MUI ialah:

1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.

2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari’ah).

___

Kita sepakat bahwa yoga berasal dari agama paganisme, hindu dan budha.

Dalam Fatwa Islam dinyatakan bahwa yoga hukumnya terlarang, "Kesimpulannya, tidak boleh bagi seorang muslim melakukan senam yoga sama sekali. Baik karena latar belakang aqidah, atau sebatas ikut-ikutan, atau untuk mendapatkan manfaat berupa ketenangan yang sifatnya dugaan".

Selanjutnya fatwa islam menyebutkan beberapa pertimbangan sisi aqidah,

[1] Yoga bersinggungan dengan aqidah tauhid, ada upaya mendekatkan diri kepada selain Allah, atau minimal membangun keyakinan menyimpang tentang hubungan tuhan dengan makhluk, yaitu keyakinan manunggal.

[2] Ritual ini dilakukan dengan mengikuti aktivitas matahari. Yang ini sama persis seperti ibadahnya orang kafir, seperti agama shinto. Karena alasan ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita shalat di waktu matahari terbit dan hendak terbenam. Karena setan berada di tempat matahari terbit dan terbenam, agar disembah manusia.

[3] Kegiatan ini meniru ritual orang pagan, penyembah berhala. Sementara Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan: "Siapa yang meniru satu kaum maka dia bagian dari kaum itu". (HR. Abu Daud 4033). (Fatwa Islam, no. 101591)."

Tak lama, netizen pun langsung merespons. "Kalau HP sama IG haram gk sih?" tulis akun @lap*******.

Untuk diketahui, sebelum itu, Five Vi juga membagi kabar kalau sungkem atau bersimpuh dianggap bisa mejerumuskan umat muslim ke kesyirikan.

Hal tersebut disampaikannya beberapa waktu lalu lewat akun Instagram-nya. Five Vi bilang, jangan bersujud kepada orang tua.

Menurutnya, Allah lebih pantas mendapat sujud kita daripada orang tua. Penasaran dengan unggahan Five Vi tersebut? Anda bisa baca di sini.

Rekomendasi