3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rekan Bisnis

| 20 Oct 2021 09:15
3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Rekan Bisnis
Tips pilih rekan bisnis (Foto: Unsplash.com/krakenimages)

ERA.id - Dalam kerja sama membangung bisnis, pemilihan rekan bisnis merupakan satu hal yang sangat penting untuk dilakukan secara hati-hati. Rekan bisnis yang tepat merupakan salah satu aspek utama keberhasilan bisnis yang dibangun.

Namun, banyak juga orang yang mengalami kegagalan bisnis karena salah memilih rekannya. Tak perlu khawatir untuk menghadapi hal tersebut, karena di bawah ini terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih rekan bisnis supaya bisnis kamu terhindar dari kegagalan.

1. Punya keterampilan berkonflik

Tips pilih rekan bisnis (Foto: Unsplash.com/sebastian)

Memilih rekan bisnis bukan hanya berdasar kepribadian atau ketertarikan akan sesuatu hal yang sama. Pilihlah rekan bisnis yang memiliki keterampilan dalam berkonflik, di mana saat menemukan masalah bukan saling menyalahkan, tetapi mencari solusi.

"Keterampilan dalam berkonflik itu maksudnya apa? Maksudnya adalah proses kemampuan seseorang atau lebih untuk menyadari egonya, batasan dirinya, dan mau berkolaborasi bersama-sama mencapai visi yang sama," ujar psikiater, dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ, saat acara virtual ShopeePay Talks, pada Selasa (19/10/2021).

"Jadi bukan lagi saling menyalahkan, tapi mencari bersama bagaimana solusi bisa diciptakan. Enggak lagi ngomong karena kamu, karena aku, tapi ngomongnya seperti salahnya di sini," lanjut dr. Jiemi.

2. Pilih rekan yang punya keterampilan berbeda

Tips pilih rekan bisnis (Foto: Unsplash.com/brooke)

Hal utama lainnya dalam membangun sebuah bisnis adalah memilih rekan yang memiliki keterampilan atau kemampuan yang berbeda dari kita. Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan itu, para pemilik bisnis bisa saling melengkapi satu sama lain, dan saling mendukung keberhasilan bisnis di bidang masing-masing.

"Memilih rekan bisnis bukan hanya sekedar berlandaskan alasan sudah kenal baik sejak lama. Kriteria utama yang saya cari dari seorang rekan bisnis yang baik, yaitu adanya perbedaan keterampilan untuk saling melengkapi," kata Co-Founder and Director of Anomali Coffee & Pipiltan Cocoa, Irvan Helmi.

3. Orang yang berkomitmen kuat dan mengutamakan profesionalitas

Untuk berhasil bekerja sama membangun bisnis, rekan bisnis yang memiliki komitmen kuat sangatlah penting. Dengan komitmen yang kuat maka tiap individu dalam bisnis itu akan bersedia mengenyampingkan kepentingan pribadi dan fokus memberikan usahanya dalam bisnis 100 persen.

"Komitmen, berapa banyak energi dan waktu yang bisa dikasih ke bisnis. Bagi saya, memilih rekan bisnis yang mau dan mampu memegang teguh komitmen dapat membantu kita dalam mendorong pertumbuhan bisnis. Jadi dengan komitmen tiap orang sama satu sama lain, jadinya nggak timpang," ungkap Co-Founder and CEO Burgreens & Green Rebel, Helga Angelina.

Rekomendasi