Alec Baldwin Tak Sengaja Bunuh Kru Pakai Senjata Peraga di Lokasi Syuting Rust

| 22 Oct 2021 14:00
Alec Baldwin Tak Sengaja Bunuh Kru Pakai Senjata Peraga di Lokasi Syuting Rust
Alec baldwin tak sengaja tembak kru (instagram/alecbaldwininsta)

ERA.id - Aktor Alec Baldwin secara tidak sengaja menembakkan senjata peraga sekaligus properti di lokasi syuting film Rust. Senjata itu membunuh satu orang kru sinematografer dan melukai sutradara film.

Insiden mengerikan itu terjadi di lokasi syuting Rust di Bonanza Creek Ranch, lokasi produksi populer di selatan Santa Fe pada Kamis (21/10/2021). Kru yang tewas diidentifikasi sebagai Halyna Hutchins dan sutradara yang terluka adalah Jiel Souza.

Menurut laporan Variety, Hutchins langsung diangkut dengan helikopter menuju Rumah Sakit Universitas New Mexico di Albuquerque. Sementara Souza dilarikan ke Pusat Medis Regional Christus St. Vincent di Santa Fe dengan menggunakan ambulans.

Para pejabat mengatakan deputi sheriff dikirim ke lokasi Rust sekitar pukul 13:50 waktu setempat setelah panggilan 911 yang mengindikasikan seseorang telah ditembak.

"Menurut penyelidik tampaknya adegan yang difilmkan melibatkan penggunaan senjata api peraga ketika dilepaskan. Detektif sedang menyelidiki bagaimana dan jenis proyektil apa yang dilepaskan," kata Kantor Sheriff dikutip Variety, Jumat (22/10/2021).  

Kantor sheriff juga menegaskan insiden penembakan ini akan diselidiki untuk perkembangan lebih lanjut. Dalam laporan yang diterima Deadline, seorang sumber mengatakan bahwa pemeran utama (Alec Baldwin) menodongkan pistol selama latihan.

Namun Alec tidak menyadari bahwa ada peluru tajam di dalam senjata api tersebut. Sehingga peluru itu mengenai dua orang yang berada di lokasi syuting.

Seorang juru bicara dari produksi film Rust mengatakan proses produksi dihentikan dan mendukung penuh penyelidikan yang akan dilakukan oleh tim penyidik.

"Ada kecelakaan hari ini di set Rust New Mexico yang melibatkan macetnya senjata prop dengan blanko. Dua anggota kru telah dibawa ke rumah sakit dan menerima perawatan. Produksi dihentikan untuk sementara waktu. Keamanan para pemain dan kru kami tetap menjadi prioritas utama kami," kata tim produksi Rust.

Helikopter berita KOB4 stasiun Albuquerque memotret insiden itu, menunjukkan sebuah gereja tua diblokir, dan melaporkan bahwa keamanan set mengonfirmasi bahwa itu terkunci.

Hutchins merupakan lulusan dari American Film Institute pada tahun 2015, dan telah mengerjakan beberapa film pendek sebelum syuting "Archenemy", sebuah film fitur tahun 2020 yang dibintangi oleh Joe Manganiello. Dia dinobatkan sebagai "bintang baru" oleh American Cinematographer pada tahun 2019.

Sementara Souza menulis dan menyutradarai Western, yang juga dibintangi oleh Frances Fisher, Jensen Ackles, Brady Noon dan Travis Fimmel.

Dalam film Rust, Alec Baldwin berperan sebagai penjahat terkenal bernama Harland Rust. Ketika cucunya yang berusia 13 tahun, Lucas (Brady Noon) dihukum karena pembunuhan tidak disengaja dan dijatuhi hukuman gantung, Rust pergi ke Kansas untuk membebaskannya dari penjara.

Kejadian mengerikan ini bukan pertama kalinya kematian di lokasi disebabkan oleh tembakan senjata kosong. Aktor Jon-Erik Hexum terbunuh pada 18 Oktober 1984, di lokasi syuting serial TV Cover Up ketika dia secara tidak sengaja menembak kepalanya sendiri dengan pistol yang berisi peluru kosong.

Lalu pada tahun 1993, Brandon Lee, putra legenda seni bela diri Bruce Lee, meninggal setelah dia ditembak di kepala oleh pistol yang menembak kosong di lokasi syuting The Crow. Kedua insiden tersebut dipastikan merupakan kecelakaan.

Rekomendasi