Dikecam Gegara Klaim Wayang Kulit Berasal Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf

| 16 Nov 2021 12:15
Dikecam Gegara Klaim Wayang Kulit Berasal Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf
Wayang Kulit (Instagram)

ERA.id - Adidas Singapura akhirnya meminta maaf setelah tuai kecaman dari netizen karena menyatakan bahwa Wayang Kulit berasal dari Malaysia. Permintaan maaf tersebut disampaikan Adidas Singapura lewat unggahan Instagram Stories, pada Senin (15/11/2021).

"Kami dengan tulus minta maaf atas ketidaksengajaan yang kami lakukan, dan sekarang kami sudah mengubah unggahan kami," tulis Adidas Singapura.

Mereka juga mengatakan bahwa pihak Adidas Singapura dan seniman yang membuat produknya tidak bermaksud mengklaim kebudayaan dari Indonesia.

"Ketika bekerja dnegan seniman untuk mengembangkan desain soal budaya yang menggambarkan Malaysia dan Asia Tenggara kami benar-benar terinspirasi dari kekayaan budaya negara di Asia Tenggara. Untuk menghindari keraguan, baik brand atau seniman tidak bermaksud mengklaim karya seni budaya Indonesia," jelasnya.

Sebelumnya, akun Instagram @adidassg mendapat kecaman dari warganet usai merilis kolaborasi sepatu yang desainnya terinspirasi dari Wayang Kulit. Mereka menyebut bahwa Wayang Kulit adalah warisan budaya Malaysia.

Permintaan maaf dan postingan yang sudah diubah (Instagram)

"Rancangan ini berbicara tentang penghormatan terhadap Wayang Kulit, bagian penting dari identitas warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan palet warna modern," tulis akun tersebut sebelum diedit.

Namun, kini unggahan tersebut sudah diubah dan menyatakan bahwa Wayang Kulit berasal dari Indonesia.

"Asli dari Indonesia, Wayang Kulit menginspirasi bagian lainnya dari Asia Tenggara," pernyataan setelah diedit.

Rekomendasi