Viral! Momen 'Khalid Basalamah' Dijadikan Wayang, Lalu Dihajar Prabu Bolodewo di Ponpes Gus Miftah

| 21 Feb 2022 07:38
Viral! Momen 'Khalid Basalamah' Dijadikan Wayang, Lalu Dihajar Prabu Bolodewo di Ponpes Gus Miftah
Tangkapan Layar

ERA.id - Ucapan Ustaz Khalid Basalamah yang mengharamkan wayang, berbuntut panjang. Terbaru, sosok mirip ustaz Khalid Basalamah dibuat wayangnya dan dijadikan pertunjukan.

Video pertunjukan wayang Khalid Basalamah itu kini viral di media sosial.

Dalam lakon Begawan Lomana Mertobat dengan dalang Ki Warseno Slenk, ada wayang dibuat menyerupai Khalid Basalamah.

Wayang Khalid Basalamah itu ceritanya dihajar habis-habisan oleh Prabu Bolodewo.

"Rumangsamu Bolodewo bantenge tanah Jowo arep mbok usik-usik. Amardhikane arep mbok ganggu cangkemu iki cangkem opo.. cuk! Yen kowe ra seneng wayang ra sah kakean cangkem kowe. Rumangsamu arep dadi opo kowe.... bajing*n... remuk-remuk.. ayo diremuke," kata dalang Ki Warseno Slenk, seperti dilihat Senin (21/2/2022).

Video berdurasi 4 jam 34 menit dan 44 detik itu diunggah oleh channel @Gatot Jayatu.

Pergelaran wayang kulit tersebut bertempat di Ponpes Ora Aji Tundan, Purwomartani, Kalasan, Sleman DIY pimpinan Gus Miftah pada 18 Februari 2022 lalu.

Di tengah-tengah pertunjukan wayang, Gus Miftah menyampaikan sajak yang berisi sindiran terhadap pihak yang disebut mengharamkan wayang.

"Kamu siapa? Aku tahu jenggotmu panjang tapi belum tua. Wajar tak tahu budaya dan tata krama," tulis Gus Miftah di akun Instagramnya @gusmiftah.

Penggalan sajak lainnya, Gus Miftah mempertanyakan apakah perlu kuda lumping diganti dengan unta lumping dan haruskah gamelan diganti dengan rebana? "Pohon kelapa dengan pohon kurma? Dan haruskah nama Nabi Sulaiman diganti karena mirip kata-kata Jawa?" tulis Gus Miftah.

Sebelumnya Gus Miftah juga mengajak masyarakat untuk menonton wayang dan tidak perlu tersinggung.

Kami juga pernah menulis soal Sudah Minta Maaf dan Klarifikasi, Khalid Basalamah Tetap Dilaporkan ke Polisi oleh Persatuan Pedalangan Indonesia Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi