Mengingat 2 Perempuan yang Mendadak Berhijab saat Berurusan dengan Hukum dan Kepolisian

| 09 Dec 2021 10:30
Mengingat 2 Perempuan yang Mendadak Berhijab saat Berurusan dengan Hukum dan Kepolisian
Ilustrasi penjara (ANTARA)

ERA.id - Hukum di Indonesia menunjukkan tajinya. Diam-diam, ia bisa mengubah penampilan seseorang, dari yang dulunya berpakaian terbuka, kini tertutup.

Itu fakta dan sudah terjadi. Ya, ancaman penjara memang bisa menjadi alat paling cepat untuk membentuk karakter seseorang. Bisa jadi lebih baik, pun sebalinya.

Dari fenomena itu, ada duah tokoh perempuan yang mengubah penampilannya karena berurusan dengan hukum dan kepolisian? Siapa mereka?

Setidaknya, ada dua kasus yang sempat menghebohkan publik. Pertama adalah kasus suap yang menimpa Jaksa Pinangki Sirna Malasari dan yang terakhir adalah Siskaeee.

Dua perempuan ini, sebelum berurusan dengan hukum, berpenampilan terbuka. Namun saat ditangkap polisi, keduanya kompak berhijab.

Pinangki

Penampilan Jaksa Pinangki Sirna Malasari berbeda seperti biasanya, saat menjalani sidang perdana penanganan fatwa MA Djoko Tjandra, Rabu (23/9/2020) silam.

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tak tampak sehelai pun rambut dari Jaksa Pinangki saat berhadapan dengan majelis hakim.

Jaksa Pinangki tampil mengenakan hijab syar'i berwara soft pink. Hijab yang dikenakan Jaksa Pinangki dibiarkan terjulur panjang melewati dada.

Dalam penampilannya siang tadi, Jaksa Pinangki mengenakan busana berupa gamis berwarna pastel dengan motif flanel berukuran besar. Sangat cocok dengan hijab square yang dilipat segi tiga.

Untuk diketahui, majelis hakim Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 8 Februari 2021 menjatuhkan vonis 10 tahun penjara ditambah denda Rp600 juta subsider 6 bulan kurungan kepada Pinangki Sirna Malasari.

Ia terbukti menerima suap 500 ribu dolar AS, melakukan pencucian uang, dan permufakatan jahat terkait perkara Djoko Tjandra.

Siskaeee

Siskaee sampai hari ini masih bikin heboh. Perempuan yang kerap memamerkan tubuhnya dan membuat video panas, kini tak lagi bisa bergerak leluasa.

Bagaimana tidak, Siskaee menyebarkan videonya yang memamerkan payudara dan kelamin di Kawasan Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo di dunia maya pada 23 November 2021.

Karena aksinya Siskaee alias FCN masuk ke dalam daftar pencarian tim Polda DIY. Kini, ia ditangkap dan jadi tersangka kasus video pornografi.

Siskaeee sendiri sewaktu dibekuk, terlihat menggunakan jilbab berwarna hitam, begitu juga pakaiannya. Penampilannya berubah seratus persen sewaktu berurusan dengan hukum.

Meski begitu, masalahnya tak selesai usai ditangkap. Penampilannya dikritik netizen lewat tagar #SiskaeeeBukanMuslim pada Rabu (8/12/2021) kemarin. Uniknya, netizen sendiri tak pernah melihat kolom agama di KTP Siskaeee.

Rekomendasi