Ivan Gunawan Rawat Boneka Arwah Bak Anak Kandung, Psikolog: Bisa Merusak Reputasi, Efeknya Kurang Bagus Buat Masyarakat

| 06 Jan 2022 19:05
Ivan Gunawan Rawat Boneka Arwah Bak Anak Kandung, Psikolog: Bisa Merusak Reputasi, Efeknya Kurang Bagus Buat Masyarakat
Ivan Gunawan dan 'anaknya' (Foto: Instagram/@eqqelputragunawan)

ERA.id - Presenter sekaligus desainer Ivan Gunawan belakangan ini jadi pusat perhatian. Sebab, ia merawat boneka arwah yang dinamai Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan. Bahkan, ia memperlakukan kedua boneka arwah bak anak kandung.

Saat tampil di podcast Boy William, pria disapa Igun ini bersikeras bahwa kedua boneka arwahnya ini adalah bayinya. Ramainya boneka arwah yang dirawat Ivan Gunawan, membuat psikolog Lita Gading buka suara.

Lewat akun TikTok-nya, ia meminta kerabat dari pria berusia 40 tahun untuk tidak memberikan respon mengenai boneka yang diadopsi. Bahkan, Lita Gading meminta kerabat untuk tidak menanggapi keinginan dari sang desainer.

"Dear Ivan Gunawan, dan teman-teman yang lain dan sahabat-sahabatnya Ivan Gunawan, saya mohon, please jangan ikuti apa yang menjadi keinginan Igun, ya," ungkap Lita Gading, dikutip dari akun TikTok @litagading2.

"Kalau kalian sayang sama Igun tolong ingatkan dan jangan memberikan respon apapun gitu loh, tentang bonekanya. At least, sensasi kek, atau apa kek, membuat efek kurang bagus untuk masyarakat apalagi dipublish," tambahnya.

Ivan Gunawan dan
Ivan Gunawan dan 'anaknya' (Foto: Instagram/@ivan_gunawan)

Lita Gading meminta publik figure untuk lebih berhati-hati dalam bersikap mengenai boneka arwah milik Ivan Gunawan saat berada di layar kaca. Hal ini bisa membuat orang lain terpengaruh dan menirukan.

"Kalian semua kan publik figur, kalian semua kan influencer, jadi mudah sekali orang terpengaruh dengan gaya apa yang kalian lakukan," katanya.

Lebih lanjut, Lita Gading membahas soal gangguan psikologis. Sebab, banyak netizen yang bertanya soal psikologis Igun pasca mengadopsi boneka arwah. Ia mengatakan tidak sembarangan orang bisa mengetahui gangguan seseorang dan harus didampingi psikologis.

"Jadi, untuk sebagian besar orang awam, dia tidak paham tentang gangguan ya. Jadi kamu untuk mengetahui tentang ada gangguan atau tidak itu harus melalui tes psikologi. Namun untuk sebagian besar kembali lagi ke masyarakat awam yang tidak paham, anda nanti dicap tidak karuan, tidak menjadi sesuatu yang tidak ada dampak yang positif. Sayang jadinya," ucapnya.

Ivan Gunawan dan
Ivan Gunawan dan 'anaknya' (Foto: Instagram/@ivan_gunawan)

Lita Gading berpesan kepada mantan kekasih Rossa ini untuk lebih konsentrasi dibidang kariernya. Menurutnya, jika Igun terus melakukan sensasi, ini bisa membuat netizen tak simpatik dan reputasi bisa hancur. Ia memberikan pesan ini karena sayang terhadap Igun.

"Jadi konsentrasi aja ke profesi yang lalu, yang lama, yaitu desainer, pembicara, jadi juri dan sebagainya itu lebih bergengsi loh. Jadi apapun sensasi yang kamu buat itu membuat orang menjadi tidak simpati nantinya. Hati-hati ya, itu akan merusak repuitasimu," kata dia

"Percaya deh sama aku. Saya sayang sama kamu dan kita pernah kerja bareng ya, saya tidak pernah bermaksud apapun yang jelas saya peduli sama kamu," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka setuju dengan pernyataan Lita Gading dan menyarankan Igun untuk mengadopsi anak yang kurang beruntung.

"Setuju sudah meresahkan, anak yatim piatu lebih berkah kenapa harus miara boneka," tulis akun @dinia.****

"Mending adopsi anak yatim piatu ya bun. Lebih berkah," kata akun @nursukm****

"Setuju lebih baik mengasuh anak yang membutuhkan kasih sayang orangtua." timpal akun @nurhayatinur****475

Rekomendasi