Rekomendasi Mobil Bekas yang Cocok Kamu Pakai, Tua tapi Oke!

Tim Editor

Ilustrasi pengendara mobil (Wikimedia Commons)

ERA.id - Memasuki musim hujan, memiliki sebuah mobil tentu saja menjadi alternatif agar berkendara semakin menyenangkan. Ingin membeli mobil baru tapi tak memiliki budget yang besar? Mungkin rekomendasi mobil bekas di bawah Rp 50 juta di bawah ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil berkualitas untuk pengendaraan harian.

1. Toyota Great Corolla 1.6 SE.G 1994

Sebagai pembuka rekomendasi mobil bekas dengan banderol terjangkau ini ada sedan klasik Toyota Great Corolla 1.6 SE.G yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 30 jutaan hingga Rp 50 juta. Harga yang tergolong murah untuk segala kenyamanan yang ditawarkan oleh mobil ini.

Sering dijadikan sebagai mobil kolektor, sedan legendaris asal Jepang ini menawarkan desain eksterior dan interior yang masih mengagumkan. Apalagi mobil ini memiliki fitur terlengkap di zamannya. Tentunya beberapa fitur di dalam kabin terasa jadul jika dibandingkan dengan mobil baru saat ini.

Tapi yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil ini yaitu kondisi mesin, radiator, kaki-kaki, engine mounting serta kisi-kisi AC. Jangan lupa untuk mengecek dokumen-dokumen serta melakukan test drive untuk mengetahui kondisi berkendara yang diberikan oleh mobil ini.

2. Isuzu Panther 1997

Untuk rekomendasi mobil bekas di bawah Rp 50 juta selanjutnya ada Isuzu Panther keluaran tahun 1997. Bahkan meskipun mobil ini sudah berumur, tapi masih banyak diminati oleh pedagang dan pembeli mobil bekas karena mesinnya yang bandel dan perawatannya yang mudah.

Julukan Si Raja Diesel yang diberikan kepada Isuzu tak bisa dianggap sebagai angin lalu ketika melihat mobil ini. Mesin diesel milik Panther terkenal irit, bandel, dan bertenaga. Apalagi Panther sering terlihat sebagai tunggangan keluarga yang masih banyak dipakai di daerah-daerah maupun area perkebunan di seluruh Indonesia. Perawatannya pun murah dibandingkan mobil baru saat ini.

Tapi yang menjadi pertimbangan mobil ini tentu saja fitur hiburan maupun keselamatan yang masih minim. Kecuali jika pemilik mobil ini sudah memodifikasi head unit maupun menambah kualitas AC pada mobil ini. Dan karena popularitasnya yang tetap tinggi, mobil ini pun menjadi salah satu komoditas high demand di pasar mobil bekas Tanah Air.

3. Nissan Terrano 1997

Era 90-an merupakan salah satu masa kejayaan Nissan di Indonesia. Berbagai mobil produksi pabrikan Jepang ini mendapatkan popularitas dan banyak dicari karena harganya yang terjangkau serta tampilannya yang menawan. Tak jauh berbeda dengan Nissan Terrano. Diperkenalkan pada tahun 1995, SUV keluarga ini bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 50 juta.

Meskipun mobil ini sudah berumur lebih dari 25 tahun, tapi tampilannya yang gagah dan maskulin seakan tak lekang oleh waktu. Mesinnya bandel dan memiliki ruang yang lega untuk menampung keluarga sepanjang perjalanan. Apalagi dengan harganya yang tergolong sangat murah, mobil ini bisa menjadi alternatif sebagai pilihan mobil keluarga yang terjangkau.

Tentu saja karena Terrano sudah tak lagi dipasarkan di Indonesia, perlu diperhatikan bahwa spare part mobil ini tak begitu banyak ditemukan di bengkel maupun toko aksesoris Tanah Air. Tapi tenang saja, Anda bisa menanyakan spare part ke bengkel resmi Nissan maupun ke komunitas Terrano maupun komunitas mobil klasik di media sosial.

4. BMW E36 1997

Sedan Eropa yang memancarkan kesan premium meski sudah tak muda lagi ini pun menjadi salah satu rekomendasi mobil bekas di bawah Rp 50 juta yang menawan. Adalah BMW E36, esainnya klasik khas mobil Eropa, membuatnya menjadi sasaran empuk modifikasi untuk tampilan vintage atau premium.

Memang mobil ini tak lagi muda. Tapi pabrikan Eropa dikenal menghadirkan produk yang berkualitas dan tahan lama. Mesinnya bandel dan mampu menghadirkan rasa berkendara yang menyenangkan. Enak untuk dibawa sendirian, tapi juga mampu menampung hingga lima orang di dalam kabin dengan nyaman.

Tapi perlu diingat bahwa mobil ini memang tak memiliki spare part yang mudah ditemukan serta harga yang tak bisa dibilang murah. Sehingga Anda perlu memperhatikan budget tambahan untuk penggantian komponen maupun memperbaiki masalah yang timbul karena usia pada mobil ini.

5. Mitsubishi Kuda 2000

Sebelum kedatangan Xpander, Mitsubishi sudah lebih dulu menantang Toyota Kijang dan Isuzu Panther dalam segmen MPV keluarga menggunakan Mitsubishi Kuda. Nama yang mungkin akan terdengar familiar bagi Anda yang saat ini sudah berkeluarga.

Mitsubishi Kuda dikenal karena menawarkan mesin diesel yang irit bahan bakar dan bandel untuk diajak berkendara ke berbagai medan. Ruang kabinnya pun tak kalah lega dibandingkan para rivalnya. Apalagi mobil ini masih memiliki spare part yang banyak ditemukan di bengkel aksesoris serta perawatannya yang tergolong mudah.

Hanya saja varian bensin memiliki konsumsi BBM yang terbilang boros. Tapi bagi Anda yang ingin membeli mobil ini, selalu perhatikan kondisi mesin dan komponen-komponen eksterior maupun interior untuk mengurangi potensi budget tambahan akibat kerusakan yang tak disangka-sangka.

6. Toyota Kijang LGX 2004

Bisa dibilang Toyota Kijang masih menjadi primadona di ranah mobil bekas Tanah Air. Bukan hanya tampilannya yang masih tetap memesona, tapi juga rasa berkendara yang ditawarkan serta kenyamanan yang diberikan membuatnya masih banyak digunakan sebagai mobil keluarga perkotaan.

Misalnya saja Kijang LGX 2004 yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 40 jutaan hingga Rp 50 jutaan. Didukung oleh nama besar Toyota, ketersediaan spare part mobil ini mudah dicari dibandingkan sebagian besar mobil klasik lainnya. Begitu pula konsumsi BBM Toyota Kijang yang terbilang irit merupakan daya tarik mobil ini.

Tapi karena sering digunakan sebagai pengendaraan harian, maka perlu diperhatikan lagi kondisi kendaraan sebelum membeli. Apakah masih mendapatkan perawatan berkala yang teratur, kondisi mesin dan kelistrikan, serta kondisi kaki-kaki selama berkendara. Ini untuk menghindari budget tambahan ketika harus memperbaiki komponen-komponen yang rusak di kemudian hari.

7. Honda Civic FD 1.8 2006

Untuk sebuah mobil sedan legendaris milik Honda, memang harga Honda Civic FD yang dipasarkan pada era 2000-an ini lebih tinggi dibandingkan mobil lain yang ada di daftar ini. Tapi tenang saja, harganya bisa dibilang cukup beragam. Bahkan jika beruntung, Anda bisa mendapatkan model dengan harga kurang dari Rp 50 juta.

Popularitasnya sebagai salah satu sedan dengan desain klasik yang memesona dari Honda tentunya bukan satu-satunya keunggulan dari mobil ini. Rasa berkendaranya menyenangkan dan enak dibawa meliuk-liuk di jalanan perkotaan yang dinamis. Ruang kabin lega dan performanya masih mengesankan untuk sekelas mobil berusia hampir 25 tahun.

Konsumsi BBM-nya memang tak bisa dibilang irit, tapi juga tak terlalu boros dibandingkan model lain di segmennya. Hanya saja Civic seringkali bermasalah pada bagian kaki-kaki yang sering mengalami masalah. Apalagi karena mobil ini untuk pengendaraan harian, cek pula bagian mesin agar mendapatkan model yang masih enak untuk dikendarai setiap hari.

Yang perlu diingat ketika membeli mobil bekas di bawah Rp 50 juta adalah untuk selalu bertemu dengan pembeli dan hindari mentransfer sejumlah uang sebelum melihat langsung kondisi mobil. Dapatkan berbagai pilihan mobil bekas dan berkualitas lainnya hanya di Cintamobil.com.

Tag: mobil mobil tua rekomendasi mobil murah

Bagikan: