Banyaknya Hujatan Netizen Soal Wasiatnya Dimakamkan Perempuan, Dorce Gamalama: Sesuai Kelamin Saya Miliki

| 01 Feb 2022 13:00
Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)

ERA.id - Belakangan ini, presenter Dorce Gamalama ramai diperbincangkan publik. Sebab, dirinya ingin dimakamkan sebagai perempuan kelak meninggal dunia. Pernyataannya ini berujung kontroversi dan menuai kecaman netizen.

Sejumlah para pendakwah seperti Gus Miftah, Buya Yahya, Ustaz Solmed hingga Ustaz Abdul Somad menentang keinginan Dorce Gamalama untuk dimakamkan seperti perempuan. Tak hanya para pendakwah, netizen juga menghujat Dorce Gamalama yang bersikeras dengan keinginannya.

Wasiatnya yang ingin dimakamkan perempuan menuai polemik. Dorce Gamalama kembali membuat video klarfikasi soal pernyataannya yang ingin dimakamkan perempuan. Lewat Instagram pribadinya @dg_kcp, presenter berusia 58 tahun ini sadar banyak orang yang membicarakan soal kematiannya.

Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)
Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)



"Orang sudah mulai banyak membicarakan kematian saya," ungkapnya.

Dorce Gamalama meminta agar jenazahnya saat kelak meninggal dunia nanti untuk diurus. Ia juga tak mempermasalahkan bila jenazahnya diurus oleh pria atau wanita.

"Seandainya memang saya meninggal, uruslah jenazah saya," katanya.

"Seandainya laki-laki uruslah, seandainya perempuan urus, uruslah," lanjutnya.

Dorce Gamalama mengaku ikhlas jika dimakamkan sesuai dengan jenis kelamin yang dimiliknya sekarang ini.

"Sesuai dengan kelamin yang saya miliki, InshaAllah saya ikhlas, memerintah. Saya ikhlas, InsyaAllah saya ikhlas," tambahnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka menegaskan bahwa mengurus jenazahnya kelak tidak boleh asal-asalan. Ada pun yang meminta Dorce Gamalama bertaubat dan bersyukur karena para pendakwah sudah memberikan nasihat.

"Karena mengurus jenazah itu fardhu kifayah dan hukumnya sangat berat bila kita asal-asalan," tulis akun @ivmamar****
"Kalau lagi sakit nggak usah sombong, bersyukur ulama ngingatin," kata akun @miftah****
"Dorce Islam tapi nggak ngikutin sariat Allah. Lepas saja kerudungnya ya Pak Dorce kan nggak kewajiban hijab bagi laki-laki." lanjut akun @imas***

Rekomendasi