Tentang Wasiat Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Perempuan, Gus Miftah: Jenis Kelamin Itu Takdir, Lah KTP Dia Laki-Laki!

| 14 Feb 2022 20:00
Tentang Wasiat Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Perempuan, Gus Miftah: Jenis Kelamin Itu Takdir, Lah KTP Dia Laki-Laki!
Dorce Gamalama - Gus Miftah (Foto: Instagram)

ERA.id - Sampai saat ini, wasiat dari artis senior Dorce Gamalama yang dimakamkan sebagai perempuan jika kelak meninggal memicu kontroversi. Bahkan banyak ulama yang menentang wasiat dari Dorce Gamalama, salah satunya adalah Gus Miftah.

Namun, Dorce Gamalama nampak tersinggung dengan ceramah dari Gus Miftah mengenai tentangan wasiat tersebut. Hingga akhirnya, Gus Miftah buka suara. Ia merasa ada kesalahpahaman antara dirinya dengan Dorce Gamalama.

Gus Miftah menegaskan bahwa dirinya membicarakan soal transgender yang seharusnya meninggal sesuai kodratnya, yakni laki-laki. Sebab, ia menjelaskan secara hukum Islam.

Gus Miftah (Foto: YouTube/KH Infotainment)
Gus Miftah (Foto: YouTube/KH Infotainment)


"Seolah-olah ada miss saya dengan beliau, saya tidak spesifik berkomentar soal wasiat beliau. Tetapi, pandangan Islam secara umum, bagaimana orang dilahirkan lalu dimatikan. Manusia dimatikan sebagaimana dia hidup," ujar Gus Miftah, dikutip dari KH Infotainment.

Gus Miftah menegaskan bahwa Dorce Gamalama dilahirkan sebagai laki-laki dan harus dikuburkan sesuai jenis kelamin awalnya. Ia sangat menentang wasiat Dorce karena tak sesuai syariat Islam.

"Lah dia dilahirkan laki-laki, dikuburkan laki-laki dong. Kalau perempuan, ya perempuan. Lah ini kalau wasiatnya bertentangan dengan syariat, ya nggak harus dilaksanakan," paparnya.

Dorce Gamalama (Foto: YouTube/Denny Sumargo)
Dorce Gamalama (Foto: YouTube/Denny Sumargo)



Lebih lanjut, pria berusia 40 tahun ini tak setuju karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) menyatakan Dorce Gamalama seorang laki-laki. Walau di Negara dinyatakan perempuan, tetap saja dimatanya seorang laki-laki.

"Kalau saya tidak setuju, karena dia laki-laki. Lah KTP dia laki-laki beredar kemana-mana. Tapi, ini sudah melalui proses hukum, sudah disahkan masa takdir kalah dengan sosial kultural," ujarnya.

"Bagi saya, jenis kelamin itu takdir. Gender sosial kultural. Lah dia laki-laki. Ya saya berkomentar, bukan spesifik Dorce. Tetapi, pandangan syariat secara umum," lanjutnya.

Untuk meluruskan ketidaksalahpahaman ini, Gus Miftah sebenarnya ingin menjenguk Dorce Gamalama yang kini tengah koma di rumah sakit. Namun, pihak rumah sakit dan keluarga belum mengizinkan.

"Saya kemarin pengin jenguk, tapi pihak rumah sakit dan keluarga belum bisa karena beliau seperti itu. Makanya yang bisa dilakukan kirim doa. Kalau ada kesempatan, saya minta maaf bahwa pendapat saya nyinggung beliau," tuturnya.

 

Kami juga pernah menulis soal Denny Darko Terawang Dorce Gamalama, Sebut Pasrah Dimakamkan Secara Pria atau Wanita: Beliau Berumur Panjang, Meninggal Usia 80 Tahun Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi