Sudah Punya Firasat Usianya Tak Lama Lagi, Ini Pesan Terakhir Dorce Gamalama Sebelum Meninggal: Uruslah Jenazah, Sesuai Kelamin Saya..

| 16 Feb 2022 11:18
Sudah Punya Firasat Usianya Tak Lama Lagi, Ini Pesan Terakhir Dorce Gamalama Sebelum Meninggal: Uruslah Jenazah, Sesuai Kelamin Saya..
Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)

ERA.id - Kepergian Dorce Gamalama untuk selama-lamanya meninggalkan duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dorce meninggal dunia di usianya yang ke-58 tahun di RSPP Simprug, Jakarta, pukul 7.30 WIB, Rabu (16/2/22).

Dorce Gamalama dinyatakan mengidap penyakit gula darah akut hingga merembet ke organ tubuh lain. Kondisi itu semakin parah setelah ia positif terpapar COVID-19 hingga akhirnya meninggal dunia. Jenazah Dorce akan dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Dorce Gamalama sudah punya firasat bahwa usianya tak akan lama lagi. Pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi ini memberikan pesan terakhir di kanal YouTube Denny Sumargo. Dorce menagatakan dirinya berfirasat usianya tak akan lama lagi.

Ia sudah mempersiapkan kain kafan untuk pemakamannya. Selain itu, ia juga sudah menyiapkan lahan untuk tempat peristirahatannya yang terakhir di rumahnya.

Dorce Gamalama (Foto: YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo)
Dorce Gamalama (Foto: YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo)

"Saya punya kuburan sendiri. Di rumah saya di Lubang Buaya, itu mesjid. Di sebelahnya, itu rumah saya pulangnya (peristirahatan terakhir)," kata Dorce Gamalama, dikutip dari kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo.

Selain itu, ia juga sempat berkata ingin dimakamkan sebagai perempuan. Sebab, dirinya sudah berganti kelamin, dari laki-laki menjadi perempuan.

"Saya after operation saya perempuan, saya punya kelamin perempuan, mandikan saya dengan pakaian perempuan. Karena kan saya nggak pakai jas, jadi kan pakai kain kafan," paparnya.

Sayangnya, keinginannya ini memicu kecaman. Sejumlah para pendakwah seperti Gus Miftah, Buya Yahya, Ustaz Solmed hingga Ustaz Abdul Somad menentang keinginan Dorce Gamalama untuk dimakamkan seperti perempuan.

Wasiatnya yang ingin dimakamkan perempuan menuai polemik. Dorce Gamalama kembali membuat video klarfikasi soal pernyataannya yang ingin dimakamkan perempuan. Lewat Instagram pribadinya @dg_kcp, presenter berusia 58 tahun ini sadar banyak orang yang membicarakan soal kematiannya.

Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)
Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)

"Orang sudah mulai banyak membicarakan kematian saya," ungkapnya.

Dorce Gamalama meminta agar jenazahnya saat kelak meninggal dunia nanti untuk diurus. Ia juga tak mempermasalahkan bila jenazahnya diurus oleh pria atau wanita.

"Seandainya memang saya meninggal, uruslah jenazah saya," katanya.

"Seandainya laki-laki uruslah, seandainya perempuan urus, uruslah," lanjutnya.

Dorce Gamalama mengaku ikhlas jika dimakamkan sesuai dengan jenis kelamin yang dimiliknya sekarang ini.

"Sesuai dengan kelamin yang saya miliki, Insyaallah saya ikhlas, memerintah. Saya ikhlas, Insyaallah saya ikhlas," tambahnya.

Kami juga pernah menulis soal Dorce Gamalama Wasiat Dimakamkan Seperti Perempuan, Ustaz Zacky Mirza: Prosesinya Harus Dikembalikan Kodrat Asli Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi