Hak Asuh dan Hak Perwalian Gala Sky Jatuh ke Tangan Haji Faisal, Ketua Komnas PA Bahagia: Ini Bagian dari Pelajaran

| 14 Apr 2022 14:42
Hak Asuh dan Hak Perwalian Gala Sky Jatuh ke Tangan Haji Faisal, Ketua Komnas PA Bahagia: Ini Bagian dari Pelajaran
Pertemuan Arist dan Gala (Foto: Instagram/@aristmerdeka.official)

ERA.id - PHak perwalian putra semata wayang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Gala Sky Andriansyah akhirnya jatuh ke tangan Haji Faisal.

Saat sidang putusan di Pengadilan Agama Jakarta Barat, ayah Fuji ini dinyatakan menang gugatan pada Rabu (13/4/2022).

Kabar Haji Faisal memenangkan hak asuh dan hak perwalian Gala Sky Andriansyah ditanggapi oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA), Arist Merdeka Sirait. Ia mengaku senang saat mengetahui kabar tersebut.

Menurutnya, hal ini luar biasa karena belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu sidang lapangan. Maka dari itu, Arist sangat mengapresiasi mengenai hak asuh dan hak perwalian Gala Sky jatuh ke tangan Haji Faisal.

Aris Merdeka Sirait (Foto: YouTube/Intens Investigasi)
Arist Merdeka Sirait (Foto: YouTube/Intens Investigasi)

"Mewakili anak Indonesia, Gala gembira sekali hari ini. Ternyata Sesuatu yang luar biasa. Ini menjadi pelajaran untuk publik, jadi bukan hanya untuk Gala. Karena ini salah satu yang sangat saya apresiasi. Tidak ada pernah ada satu hakim mendatangi Gala," kata Arist Merdeka Sirait, dikutip dari kanal YouTube Intens Investigasi.

"Itu artinya bahasa pidananya itu sidang lapangan. Ini hanya terjadi di Indonesia dan baru sekali ini. Nah itu sangat luar biasa sehingga menarik perhatian publik," lanjutnya.

Maka dari itu, Arist sangat senang mengenai hak asuh dan hak perwalian Gala Sky jatuh ke tangan Haji Faisal. Kejadian ini bisa dijadikan pembelajaran bagi semua masyarakat Indonesia.

Pertemuan Arist dan Gala (Foto: Instagram/@aristmerdeka.official)
Pertemuan Arist dan Gala (Foto: Instagram/@aristmerdeka.official)

"Jadi hari ini saya cukup bahagia. Bukan berarti hak perwalian itu hanya jatuh ke Pak Haji Faisal, tapi ini juga bagian dari pelajaran untuk kita semua di masyarakat. Khususnya pada kasus-kasus perwalian dan sebagainya," paparnya.

"Karena memang undang-undang perlindungan anak mengatur tentang perwalian itu. Nah, di mana anak itu bahagia itulah penilaiannya. Itulah penilaian Komnas Perlindungan Anak sejak awal," lanjutnya.

Kedepannya, Arist berharap kejadian perebutan hak perwalian anak Gala Sky yang diajukan Doddy Sudrajat dan Haji Faisal dijadikan pembelajaran. Tak hanya itu, Arist mengaku sudah bertemu Gala Sky dalam kondisi baik.

"Tapi ini suatu keadaan yang harus menjadi pelajaran publik. Apalagi Komnas Perlindungan Anak sering kali menangani kasus anak-anak seperti perebutan anak, perwalian, pengasuhan. Nah ini pelajaran baru, tentunya saya apresiasi Pengadilan Agama Jakarta Barat karena baru pertama sekali ada sidang di lapangan," terang Arist Merdeka Sirait.

"Saya kira gitu ya, bahagianya. Tadi saya sudah bertemu dan bercengkerama dengan Gala. Dan saya lihat keadaannya juga baik," lanjutnya.

Rekomendasi