Cari Bukti Laporan Doddy Sudrajat Soal Gala Dieksploitasi Keluarga Haji Faisal, Komnas Perlindungan Anak: Dia Bahagia dan Gembira

| 07 Jan 2022 09:00
Cari Bukti Laporan Doddy Sudrajat Soal Gala Dieksploitasi Keluarga Haji Faisal, Komnas Perlindungan Anak: Dia Bahagia dan Gembira
Komnas perlindungan anak bertemu Gala Sky (Dok: YouTube/Star Story)

ERA.id - Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) menegaskan anak dari mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Gala Sky tidak mengalami eksploitasi. Komnas PA menegaskan tidak ada eksploitasi seperti yang dilaporkan oleh Doddy Sudrajat sebelumnya.

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait akhirnya bertemu dengan Gala Sky untuk menindak lanjuti laporan dari Doddy Sudrajat. Dalam pertemuan itu, Arist menegaskan kondisi Gala Sky dalam keadaan baik dan bisa berinteraksi dengan banyak orang.

"Saya menyimpulkan bahwa Gala itu dalam kondisi baik, bergembira ria dan tidak mengalami kekerasan, saya nggak melihat itu. Semua orang disapa sama Gala," kata Arist Merdeka Sirait, dikutip YouTube Star Story, Kamis (6/1/2022).

Lalu, kata Arits, dia menyarankan agar Gala Sky tinggal di tempat yang membuatnya nyaman dan berkembang, yang dalam hal ini tetap berada di bawah pengasuhan keluarga Bibi Ardiansyah.

"Kami merekomendasikan di mana Gala itu enjoy dan berada serta senang. Mari kita semua dukung termasuk secara khusus keluarga dari kedua belah pihak, Pak Faisal dan Pak Doddy," tegasnya.

Meski pun menyarankan kedua keluarga untuk berkomunikasi dengan baik dan menyelesaikan permasalahan, Arits menegaskan bahwa pihaknya mengizinkan Haji Faisal bila ingin mengajukan perwalian.

Namun hak perwalian tersebut harus membebaskan kedua belah pihak untuk bertemu tanpa menghalang-halngi salah satu pihak. Arits juga tidak menyetujui apabila dalam perwalian itu dibatasi dengan jumlah hari untuk mengasuh Gala Sky.

"Untuk tumbuh dan berkembang kemungkinan nanti Pak Faisal bisa mengajukan namanya untuk perwalian bukan pengasuhan. Tapi Komnas Anak tidak setuju untuk diatur dalam perwalian itu 3 hari di tempat Pak Faisal, 3 hari di Pak Doddy," jelasnya.

Sebelumnya Doddy Sudrajat mendatangi Komnas Perlindungan Anak atas laporan kondisi Gala Sky, yang dinilai sengaja dieksploitasi oleh pihak keluarga Haji Faisal. Dalam laporan itu, Komnas Perlindungan Anak berjanji akan menindaklanjuti laporan Doddy Sudrajat dengan berkunjung dan bertemu dengan Gala Sky.

Rekomendasi