Jasad Eril Ditemukan dalam Kondisi Utuh, Penjelasan Ridwan Kamil: Sungai Aare Sedingin Kulkas dan Minim Fauna

| 10 Jun 2022 15:00
Jasad Eril Ditemukan dalam Kondisi Utuh, Penjelasan Ridwan Kamil: Sungai Aare Sedingin Kulkas dan Minim Fauna
Eril putra Ridwan Kamil (instagram/emmerilkahn)

ERA.id - Jasad putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtazd alias Eril berhasil ditemukan dalam kondisi utuh. Ridwan Kamil pun mengungkap kondisi tersebut lantaran air di Sungai Aare, Swiss sedingin kulkas.

Sejak kabar ditemukannya jasad Eril oleh kepolisian Bern, Swiss, publik penasaran bagaimana kondisi jasad dari anak pertama Ridwan Kamil tersebut. Banyak yang mengira jasad Eril tidak akan utuh lantaran sudah berada di dalam air selama 14 hari.

Namun rasa penasaran publik itu langsung dijawab tegas oleh Ridwan Kamil. Pada unggahan di Instagram Story-nya, Kang Emil mengatakan bahwa kondisi jasad Eril yang utuh lantaran sungai Aare yang dingin dan kondisi sungai yang minim dengan keberadaan fauna.

"Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh, Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh, lengkap, walau berada di dasar sungai selama 14 hari," tulis Ridwan Kamil, dikutip Era, Jumat (10/6/2022).

Sebelumnya Ridwan Kamil juga sempat menuliskan pesan haru tentang pertemuannya dengan jasad Eril yang sudah sangat dinantikan. Dalam pesan itu, Kang Emil bersaksi bahwa jasad Eril ditemukan dalam keadaan utuh dan wangi daun eucalyptus.

"MASYA ALLAH, walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apa pun. Wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti daun eucalyptus," tulis Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil pun bersyukur jasad putranya telah berhasil ditemukan dan siap untuk membawanya pulang ke Tanah Air. Ia pun sempat memeluk, membelai, dan memandikan serta mengadzankan jasad Eril sesuai dengan syarita Islam.

Rencananya jasad Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022) dan akan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cimaung, Bandung, Jawa Barat.

Rekomendasi