ABG Berseliweran dengan OOTD Unik, Kenali Fenomena Citayam Fashion Week yang 'Menguasai' Area Sudirman

Tim Editor

ABG Citayam (Foto: TikTok/@Andy Tumere)

ERA.id - Belakangan ini, media sosial dihebohkan dengan kehadiran para Anak Baru Gede (ABG) atau remaja dari Citayam dan Bojonggede, Jawa Barat. Kehadiran mereka yang suka nongkrong atau 'menguasai' area Sudirman, lebih tepatnya Stasiun Kereta Bandara Sudirman BNI City.

Bahkan, kehadiran bocah Citayam dan Bojonggede menjadi sorotan bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena mereka kerap wara-wiri di wilayah yang saat ini menjadi kuasaannya. Kehadiran bocah Citayam dan Bojonggede ini juga memunculkan istilah baru yakni 'Citayam Fashion Week' atau 'Citayam Fashion Show'.

Istilah ini merujuk pada street fashion di kalangan ABG yang nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Ratusan memadati kawasan Sudirman untuk sekedar nongkrong. Bukan sekedar nongkrong biasa, mereka juga tampil dengan selera busana yang terbilang nyentrik.


Warga Citayam memakai outfit alias OOTD dengan gaya yang maksimal dan cetar bak tampil di acara fashion show tingkat internasional. Kebanyakan ABG Citayam berlomba-lomba ingin mendapatkan perhatian lewat outfit dan dandannya yang tampil beda dari umumnya.

ABG Citayam (Foto: TikTok)
ABG Citayam (Foto: TikTok) 


Citayam Fashion Week menjadi viral lantaran konten video TikTok yang memperlihatkan gaya ABG saat nongkrong. Saat diwawancarai, kebanyakan mengaku berasal dari Citayam dan Bojonggede. Mereka jauh-jauh ke Sudirman dengan outfit kekinian hanya untuk nongkrong.

Mereka tampil dengan memakai jacket, blazer, crop top, celana high waist, dan memadukannya dengan sneakers.

Sayangnya, kehadiran ABG Citayam dan Bojonggede di area Sudirman memicu pro dan kontra. Kehadiran mereka membuat para pekerja atau pejalan lainnya terganggu karena mereka sengaja duduk di trotoar jalan Sudirman. Tak heran, banyak para pekerja dari Sudirman risih melihat kehadiran ABG Citayam dan Bojonggede.

Selain itu, ada beberapa netizen yang khawatir maraknya ABG Citayam di Sudirman bisa menimbulkan masalah kebersihan, seperti membuang sampah sembarangan. Namun, ada juga yang memuji kehadiran mereka karena tampil beda dan berani berpenampilan unik. Penampilan khas dari mereka mengambil tema monokrom dengan ragam aksesori yang menghiasi penampilannya.

Meski begitu, fenomena kehadiran ABG Citayam rupanya melahirkan beberapa nama yang populer, salah satunya adalah Jasmine Laticia atau Jeje. Perempuan ini memiliki wajah yang mirip dengan adik mendiang Bibi Andriansyah, Fuji. Bahkan, Jeje dan Fuji sempat melakukan konten bersama. Kepopuleran Jeje berkat adanya fotografer yang meminta Jeje untuk menjadi model di sekitaran Stasiun Sudirman.

Tag: Citayam Fashion Week

Bagikan: