Apple Mau Jual MacBook Air Versi Murah

| 15 Aug 2018 09:30
Apple Mau Jual MacBook Air Versi Murah
MacBook Air (makemac.com)
Jakarta, era.id - Beberapa tahun ini, Apple tidak berbuat banyak pada perangkat MacBook buatannya. Hingga pada akhirnya, Apple dikabarkan lagi bikin MacBook Air 13 inci dengan harga yang terjangkau bagi para penggemar Apple.

Melansir dari media Taiwan DigiTimes,Selasa (14/8) Apple kabarnya akan meluncurkan model terbaru dari Macbook Air dengan harga yang lebih murah pada kuartal kedua 2018. Tujuannya mendorong penjualan laptop Apple, agar meningkat 10 hingga 15 persen tahun ini.

Adapun definisi “murah” yang dimaksud adalah di bawah harga seri MacBook Air saat ini. Diketahui, MacBook Air 13 inci dijual mulai 999 dolar AS atau sekitar Rp 13,6 juta.

Kendati demikian Menurut analis KGI Securities Ming-Chi Kuo, bisa saja MacBook Air yang akan diproduksi ini akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah di kisaran Rp10 juta sampai Rp12 jutaan, atau mungkin bisa lebih murah lagi.

Saat ini, lini MacBook Air sudah lebih dari 10 tahun berada di pasaran, sejak Steve Jobs merilis MacBook Air pertama pada Januari 2008 lalu. Dan sudah tiga tahun belakangan Apple hanya memberikan pembaruan kecil pada lini tersebut.

Pembaruan terakhir yang diberikan Apple adalah penggunaan prosesor Intel yang sedikit lebih kencang, yaitu dengan kecepatan 1,8 GHz, demikian dikutip era.id dari The Verge

Selain soal MacBook Air, ada beberapa bocoran lain yang disebar Ming-Chi Kuo. Apple juga disebut akan merilis AirPods model baru, termasuk HomePod dengan sejumlah tambahan fitur untuk memenuhi permintaan pasar.

Apa yang baru?

Selain kabar Apple akan merilis produk laptop baru pengganti MacBook Air di tahun 2018. Beberapa rumor mengatakan jika laptop MacBook ini akan menggunakan CPU “Kaby Lake” alias generasi ke–8 yang dirilis tahun 2017 oleh Intel.

Kenapa Apple tidak menggunakan CPU yang lebih baru? Kabarnya Intel “Cannon Lake” atau generasi ke–9 untuk chip yang menggunakan tenaga 15W ini mengalami penundaan rilis. Teknologi tersebut baru akan rilis di sekitar tahun 2019 alias jauh dari rencana Apple untuk merilis komputer barunya pada tahun 2018.

CPU Intel “Kaby Lake” saat ini tersedia dalam 2 versi yaitu Quad-Core i5 dan i7 yang menggunakan kecepatan 1.6GHz dan 1.9GHz. Jika menggunakan Turbo Boost, kecepatannya dapat meningkat hingga 3.4GHz dan 4.2GHz. Chip ini juga diklaim akan menggunakan Intel UHD Graphics 620 dan mendukung 32GB RAM dengan DDR4 atau LPDDR3 RAM.

Jika spesifikasi ini yang akan digunakan oleh Apple, pastinya MacBook Air generasi 2015 dan MacBook 12 inci akan terkalahkan dalam hitungan kecepatan. Namun masih belum ada bocoran informasi mengenai tanggal rilis untuk produk tersebut

Rekomendasi