Ketika Cepot Dalam Ilustrasi ASTRAZINGER

Tim Editor

ASTRAZINGER ilustrasi karya Patra Aditia (Instagram)

Jakarta, era.id - Suka baca komik yang bercerita tentang pertarungan robot besar dan budaya lokal. Nah, bagaimana kalau dua kegemaran itu disulap oleh ilustrator asal Bandung bernama Patra Aditia menjadi sebuah karya komik yang menarik. 

Bahkan Patra juga mendapatkan penghargaan dari Indonesia Art Award pada awal tahun 2018. Setelah membuat ilustrasi cerita Sangkuriang dalam komik, Patra kembali menghadirkan karya yang menggabungkan elemen budaya lokal dengan sentuhan internasional yang diberi nama 'ASTRAZINGER'



Supaya kalian tahu nih, 'ASTRAZINGER' itu adalah reimajinasi dari tokoh Astrajingga atau lebih dikenal dengan nama Cepot dalam kisah wayang golek Sunda. Patra kemudian mengemasnya dalam bentuk lain berupa Super Robot ala Mazinger, serial robot yang populer di Jepang

Nah, karya buatannya itu juga sempat dipamerkan pada pameran seni rupa Asia International Friendship Exhibition and Symposium di Eco Gallery, Shinjuku, Tokyo, Jepang pada 14-16 Juli lalu. 'ASTRAZINGER' pun langsung menarik perhatian pengunjung saat itu.
 

Menariknya, nama ASTRAZINGER kalau disebut dalam pelafalan bahasa Jepang akan terbaca menjadi Astrajingga. Jadi secara tidak langsung memperkenalkan nama karakter Indonesia, khususnya budaya Sunda di Jepang.

Tenang kalian enggak perlu ke Jepang buat menikmati karyanya Patra. Sebab ASTRAZINGER akan diterbitkan oleh studio komik lokal asal Bandung 'Killer Komik'. Nantinya, ASTRAZINGER juga akan hadir dalam bentuk komik cetak dan digital.

Kolaborasi visual KILLERKOMIK X SUBJEKT ZERO: ASTRAZINGER juga akan dirilis di pameran Popcon Asia 2018 yang akan digelar di ICE BSD, Tangerang pada tanggal 22-23 September 2018.
 

Bagaimana, karya lokal ternyata bisa punya cita rasa internasional kan. Apalagi kalau ada robot berkarakter Cepot kan seru. Yuk dukung terus karya-karya lokal asli Indonesia.

Tag: art digital contest pop culture

Bagikan: