Mental yang Bikin Indonesia Bisa Tekuk Thailand

| 27 Aug 2018 06:46
Mental yang Bikin Indonesia Bisa Tekuk Thailand
Foto INASGOC
Jakarta, era.id - Tim bola voli putra Indonesia lolos dari lubang jarum. Secara dramatis, mereka lanjut ke babak perempat final Asian Games 2018 setelah kalahkan Thailand dengan skor tipis 3-2.

Di laga kualifikasi 12 besar di Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, terjadi saling mengejar angka. Hasil akhirnya adalah 25-22, 25-23, 23-25, 22-25 dan 15-12.

Pelatih Indonesia, Samsul Jais mengungkap apa yang jadi rahasia kemenangan. Salah satu kuncinya soal mental timnas Indonesia yang lebih baik dalam momen-momen kritis.

"Kita main dengan Thailand tidak hanya fisik tapi juga mental, karena melawan musuh bebuyutan, siapa yang kuat mental, akan menang," kata Samsul seperti kami kutip dari Antara, Minggu (26/8) kemarin.

Jangan lupakan juga faktor pendukung Indonesia yang tak henti-henti memberi dukungan. Malah Thailand seperti berada di bawah tekanan. Terlihat ketika Rivan Nurmulki dan kawan-kawan yang tak goyah saat kejar mengejar poin dan Thailand unggul dalam perolehan skor.

Kunci kemenangan lainnya adalah strategi membongkar pertahanan tim gajah putih yang telah dilakukan anak asuhnya dengan baik. Termasuk teknik bermain bola voli yang dilaksanakan sesuai instruksi.

"Semua konsentrasi memainkan teknik bermain voli dengan bagus. Kalah atau menang itu belakangan, tapi kalau melakukan teknik dengan benar, maka akan menang," kata Samsul.

Bintang pertandingan dalam kemenangan ini adalah Rivan Nurmulki dan Rendy Tamamilang yang sama-sama mencatatkan 18 spike serta Sigit Ardian yang menyumbang 13 spike. Sebanyak enam blok dari Yuda Mardiansyah dan empat blok dari Mahfud Nurcahyadi ikut memberikan poin bagi Indonesia.

 

Rekomendasi