Menpora Ingin Pencak Silat Tampil di Olimpiade

| 28 Aug 2018 10:22
Menpora Ingin Pencak Silat Tampil di Olimpiade
Menpora Imam Nahrawi bersama Menteri Olahraga Jepang Yoshimasa Hayashi (dok.Kemenpora)
Jakarta, era.id - Cabang olahraga pencak silat mendapat sorotan dari dunia luar. Tidak menutup kemungkinan cabang olahraga ini akan dipertandingkan di perlombaan internasional.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berharap pencak silat dapat dipertandingkan dalam laga eksibisi di Olimpiade Tokyo 2020, mendatang. Hal itu disampaikannya kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang Yoshimasa Hayashi yang berkunjung ke kemenpora

"Untuk Osaka, kami bantu ingatkan Pak Mensesneg Pratikno, Indonesia sebagai sahabat untuk memberikan dukungan. Kami berharap di Olimpiade Tokyo nanti olahraga tradisional asli Indonesia pencak silat bisa eksibisi di sana," kata Nahrawi, Senin (27/8).

Respon positif juga disampaika Menteri Olahraga Jepang yang sempat terpukau saat menyaksikan pertandingan cabang olahraga pencak silat di Asian Games 2019. Ia berjanji akan mendorong komite olahraga Jepang untuk memasukkan pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga eksebisi pada Olimpiade Tokyo 2020.

"Selamat atas medali silat, saya akan sampaikan ke komite olahraga Jepang agar silat bisa masuk eksibisi. Disisi lain mari kita dorong pertukaran pemuda yang penting untuk masa depan bersama," kata Yoshimasa Hayashi, seperti dikutip era.id dari website Kemenpora.go.id.

Bukan tidak mungkin pencak silat dapat masuk menjadi cabang olahraga eksibisi pada Olimpiade Tokyo 2020. Mengingat antusias perolehan medali emas yang didapat Indonesia dalam laga pertandingan pencak silat di Asian Games 2018.

Perlu diingat, sekalipun pencak silat dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga itu hanya bersifat demonstration match atau eksibisi, jadi sekalipun mendapat medali tidak akan mempengaruhi perolehan nilai dalam pertandingan Olimpiade.

 

Nah, supaya kalian tahu saja nih, kontingen pencak silat Indonesia berhasil menyapu bersih kelima medali emas di Asian Games 2018. Itu berarti kontingen pencak silat sudah mengumpulkan total delapan emas dan satu perunggu. 

Berikut daftar penyumbang medali emas dari pencak silat

1. Jampil Yola Primadona dan Hendy Hendy (Men's Double)

2. Nugraha Nunu, Sani Asep Yuldan, dan Mubarok Anggi Faisal (Men's Team)

3. Malik Abdul (Men's Class B: 50-55 kg)

4. Pratama Iqbal Candra (Men's Class D: 60-65 kg)

5. Adi Putra Komang Harik (Men's Class E: 65-70 kg)

6. Pamungkas Aji Bangkit (Men's Class I: 85-90 kg)

7. Arumsari Puspa (Women's Single)

8. Monita Sarah Tria (Women's Class C: 55-60 kg)

Superior betul pencak silat kita. Eh, tapi mudah-mudahan dominasi kita di cabang olah raga pencak silat ini enggak bikin silat malah ditiadakan di Asian Games mendatang, ya!

 

Rekomendasi