Jokowi: Selamat Anthony Ginting

| 23 Sep 2018 17:01
Jokowi: Selamat Anthony Ginting
Pebulu tangkis Anthony Ginting. (Foto: Twitter @jokowi)
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Anthony Sinisuka Ginting yang menjadi juara tunggal putra bulu tangkis China Terbuka 2018 dengan mengalahkan pemain Jepang, Kento Momota di laga final, Minggu (23/9/2018).

Ucapan selamat ini, disampaikan Jokowi di akun media sosialnya, salah satunya Twitter @jokowi. Dalam keterangannya, Jokowi mencatat kemenangan Anthony Ginting melalui jalan yang panjang, setelah mengalahkan pebulu tangkis Lin Dan, Viktor Axelsen, Chen Long, dan Chou Tien Chen.

"Selamat Anthony Ginting," kata Jokowi.

 

Sementara itu, dilansir dari keterangan resmi di laman PB PBSI, Anthony Ginting mengatakan kemenangannya merupakan buah dari pengalaman. Dia berhasil mengalahkan Kento Momota dengan dua gim langsung 23-21 dan 21-19.

"Puji Tuhan hari ini saya bisa menang. Hari ini pertandingannya ketat, skornya tipis. Waktu tertinggal, saya hanya mencoba menjalankan apa yang saya jalankan di pertandingan-pertandingan sebelumnya, saat saya tertinggal juga," kata Anthony dalam keterangan resmi dari PB PBSI.

Pada pertandingan ini, Anthony Ginting sempat tertinggal di gim pertama dengan skor 14-19. Nmaun dia bisa membalikkan keadaan dan menang 23-21.

Sementara, di gim kedua, Anthony Ginting juga sempat tertinggal 10-15. Namun, lagi-lagi, Anthony membalikkan keadaan hingga akhirnya mengakhiri gim kedua dengan skor 21-19.

"Saya tidak memikirkan poinnya ketinggalan berapa, fokus saja di cara main, jadi ya mukul untuk dapat poin, begitu saja. Di game kedua saya coba kuasai kondisi angin yang membuat saya melakukan kesalahan sendiri. Saya terus berusahan menekan lawan dengan serangan-serangan saya," kata Anthony Ginting.

Bagi Anthony, kemenangan di China Terbuka 2018 ini adalah gelar individu kedua. Sebelumnya, dia menjadi juara pada Daihatsu Indonesia Masters 2018 BWF World Tour Super 500.

Hanya saja, pencapaian di China ini lebih fenomenal karena mampu menerobos rintangan terjal dengan mengalahkan empat juara dunia yaitu Lin Dan, Victor Axelsen, Chen Long dan yang terakhir Kento Momota. 

Kemenangan di China Terbuka juga mencatatkan nama Anthony Sinisuka Ginting menjadi tunggal kelima Indonesia yang sukses menjadi juara di Negeri Tirai Bambu setelah Icuk Sugiarto (1986), Ardy B. Wiranata (1989), Alan Budikusuma (1991 dan 1994), Hermawan Susanto (1992), dan Joko Suprianto (1993).

Rekomendasi