Lobak Merah Bermanfaat Bagi Kulit dan Rambut

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Kalian tahu manfaat lobak merah (selanjutnya kami tulis lobak)? Ternyata, sayuran ini tidak hanya bisa dikonsumsi saja lho, tapi bisa jadi perawatan kecantikan, khususnya rambut dan kulit.

Dilansir dari dari boldsky.com, Selasa (25/9/2018), lobak kaya antioksidan dan memiliki sifat antimikroba serta antibakteri. Kelebihan ini bisa membantu detoksifikasi tubuh. Tapi, bukan cuma ini manfaat lobak, ada sepuluh manfaat yang dirangkum boldsky.com.

1. Melembapkan kulit 

Lobak membantu melembapkan kulit kamu karena memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu, lobak juga bisa membantu mencegah kulit kering dan bersisik. Biar makin kentara, kamu bisa mengonsumsi jus lobak setiap hari supaya kulit kamu tidak kering.

2. Membantu mencegah jerawat

Lobak yang memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, ternyata juga mengandung vitamin C. Nah, kandungan tersebut efektif mengobati kulit seperti jerawat. Caranya, kamu bisa menggunakan jus lobak untuk dioleskan di area kulit yang bermasalah.

3. Membuat kulit kamu bersih 

Lobak memberi kamu kulit yang bersih. Dengan kandungan serat yang tinggi itu bisa membantu mengeluarkan semua racun dari kulit dan tubuh Anda. Efeknya, bisa membuat kulit kamu bersih. Caranya adalah dengan mengonsumsi segelas jus lobak secara teratur atau campurkan ke dalam makanan kamu.

4. Bisa jadi pembersih alami 

Lobak memiliki sifat pembersihan alami, artinya kamu dapat menggunakan lobak mentah langsung pada kulit. Bisa juga dengan menambahkan bahan lain untuk sensasi yang lain. Tapi, supaya manfaatnya maksimal, kamu bisa mengoleskan lobak parut pada kulit kamu.


Ilustrasi (pixabay)

5. Membuat kulit bersinar 

Nah, ternyata, lobak juga bisa dijadikan masker wajah. Biar hasilnya maksimal, kamu cukup membuat masker wajah dari lobak yang dicampur dengan madu, yoghurt segar, dan beberapa tetes minyak bergamot. Hasilnya, kulit jadi lembut dan bersinar secara instan. 

6. Mengobati noda di wajah

Lobak juga dikenal bisa memudarkan bintik-bintik serta noda pada kulit. Caranya, cukup mengoleskan jus lobak yang baru diekstrak pada bagian kulit yang berdampak selama beberapa menit. Penggunaan setiap hari akan membuat hasilnya semakin menakjubkan.

7. Mengurangi rambut rontok 

Selain bermanfaat bagi kulit, lobak bisa untuk mengobati sejumlah masalah rambut, salah satunya rambut rontok. Mengoleskan jus lobak hitam yang diekstraksi bisa merangsang pertumbuhan rambut lho. Enggak percaya? Silakan coba.

8. Membuat rambut berkilau dan lembut 

Penggunaan lobak untuk rambut sangat efektif menghasilkan rambut berkilau dan lembut. Jus lobak konon memberikan kilau pada rambut kamu karena kaya akan zat besi. Cara penggunaannya, jus lobak ini kamu pakai di rambut dan dibiarkan selama satu jam. Setelah itu bersihkan dengan sampo dan rasakan hasilnya. 


Ilustrasi (pixabay)

9. Menghilangkan ketombe 

Lobak membantu menghilangkan ketombe secara tuntas. Caranya, kamu dapat melakukan ini dengan menggosok jus lobak pada kulit kepala dan rambut. Kemudian, bilas dengan air bersih setelah satu jam. 

10. Menyehatkan kulit kepala 

Lobak memiliki kandungan air yang tinggi. Dengan mengonsumsi lobak atau jusnya, itu akan sangat bermanfaat bagi kulit kepala kamu lho. Tak hanya di permukaan, tapi di seluruh tekstur dan kesehatan rambut kamu.

Tag: perawatan kulit kecantikan

Bagikan: