Apa sih Manfaat Mengonsumsi Madu?

| 26 Sep 2018 09:09
Apa sih Manfaat Mengonsumsi Madu?
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Madu merupakan bahan natural yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tahukah kamu, satu sendok makan madu mengandung 64 kalori yang bebas dari lemak, kolesterol dan natrium? Ini artinya, cairan emas ini memiliki keunggulan untuk kesehatan jantung, mengobati stres dan kecemasan.

Selain itu, madu yang kaya akan antioksidan dan antibakteri, juga meningkatan kesehatan kulit. Tak hanya itu, madu juga bisa serta menyembuhkan luka kecil di dalam saluran pencernaan dan memastikan perut kamu lebih sehat.

Melansir dari The Indian EXPRESS, berikut adalah 10 alasan mengapa Anda harus mengonsumsi setidaknya satu sendok makan madu murni setiap harinya,

1. Segelas air hangat dengan satu sendok makan madu setiap pagi membantu jantung kamu lebih kuat. Ini mencegah arteri menyempit sehingga mengurangi risiko stroke.

2. Asupan madu secara teratur mendorong pelepasan hormon yang menekan nafsu makan di dalam tubuh. Tentunya, ini bisa membantu program penurunan berat badan kamu. 

3. Ketika diminum sebelum tidur, madu mengkatalisis pelepasan hormon penginduksi tidur, melatonin dalam tubuh. Oleh karena itu, madu membantu kamu yang ngorok dan bisa tidur tanpa stres setiap malam. 

4. Madu juga membantu untuk menjaga tingkat kolesterol yang meningkat di tubuh kamu.

5. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan madu sebagai obat batuk alami. Jadi, jika kamu mencari pengganti sirup obat batuk yang menyebabkan pusing, cobalah obat herbal yang mengandung madu.

6. Madu telah digunakan sebagai antiseptik sejak berabad-abad. Satu sendok madu setiap pagi dapat menyembuhkan luka internal dan menghancurkan kuman yang memastikan saluran pencernaan yang sehat. Ini juga mencegah penyakit seperti Penyakit Celiac, Colitis, Crohn's Disease, dan Irritable Bowel Syndrome (IBS).

7. Kandungan glukosa dalam madu membantu kamu untuk menghilangkan kelelahan dan menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari.

8. Madu yang kaya akan anti-inflamasi dapat melindungi tubuh Anda dari peradangan dan alergi.

9. Madu juga bertindak sebagai penghilang stres. Ini karena madu kaya kalsium yang memastikan kelancaran fungsi otak dan sistem saraf.

10. Sifat anti-bakteri dalam madu membantu Anda mendapatkan kulit yang bersinar.

Rekomendasi