Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dicampur dengan Madu, Cermati Dulu Sebelum Menyesal

| 04 Sep 2022 07:07
Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dicampur dengan Madu, Cermati Dulu Sebelum Menyesal
Ilustrasi produk yang tidak boleh dicampur dengan madu (unsplash)

ERA.id - Madu telah dipercaya sejak zaman dahulu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berbagai manfaat tersebut antara lain membantu melancarkan pencernaan, meredakan batuk, menurunkan berat badan, dan menghaluskan kulit. Namun, ada makanan atau minuman yang tidak boleh dicampir dengan madu.

Kita tahu bahwa madu biasanya dicampur dengan bahan tertentu untuk kesehatan atau stamina, misalnya dengan telur dan susu. Namun, para ahli menyarankan agar penggabungan madu perlu dilakukan dengan hati-hati sebab penggabungan yang tidak tepat bisa menyebabkan efek yang tidak baik bagi tubuh.

Diktuip Era dari Thehealthsite, Dr. Surya A. Bhagwati dari New Age Ayurveda dan Dr. Thulasidas dari The Ayurvedic Village, menjelaskan beberapa kombinasi madu yang berbahaya bagi tubuh sehingga harus dihindari. Salah satu kombinasi tersebut adalah hal yang umum di masyarakat.

Minuman dan Makanan yang Tidak Boleh Dicampur dengan Madu

1. Madu dan air panas

Salah satu pemanis yang bisa digunakan dalam teh atau minuman rasa-rasa lain adalah madi. Sementara, teh biasanya disajikan dengan air panas. Terlebih lagi, khasiat madu sebagai obat batuk kadang membuat orang memilih mengonsumsi madu dengan air panas agar lebih ringkas, apalagi orang batuk lebih nyaman mengonsumsi minuman hangat.

Ilustrasi air panas (unsplash)

Menurut Dr. Bhagwati, mencampurkan madu dengan air panas adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan. Studi mengungkap, pemanasan terhadap madu hingga di atas 60 derajat Celcius akan menyebabkan peningkatan hidroksimetil furfuraldehida (HMF) secara signifikan. Ini bisa menimbulkan toksisitas bagi manusia.

Sedikit berbeda, Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternaklan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah MS., mengatakan bahwa madu sebaiknya tidak dicampur dengan air panas karena mengurangi khasiat.

“Hal ini akan menyebabkan kerusakan nutrisi pada madu, sehingga khasiat madu akan berkurang,” terang Asnath, seperti dilansir Kompas

Madu sebaiknya dikonsumsi secara langsung. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan cara tersebut, Anda bisa mencampurnya dengan air hangat yang suhunya tidak di atas 60 derajat Celsius.

“Konsumsi madu dicampur dengan air hangat, karena akan lebih cepat diserap oleh tubuh,” tambahnya.

2. Madu dan mentega India (ghee)

Dr. Bhagwati menyarankan untuk tidak mencampurkan madu dengan ghee dalam jumlah yang sama. Dia mengatakan bahwa madu dan ghee bukanlah kombinasi yang ideal.

Mentega India ini biasanya ditemukan dalam makanan khas Timur Tengah atau makanan India. Jika madu dan ghee disatukan dalam sajian, efeknya bisa tidak baik untuk kesehatan. Acharya Charaka, salah satu pelopor disiplin kuno ayurveda, bahkan telah memperingatkan soal kemungkinan fatal dari kombinasi ghee dan madu.

3. Madu dan lobak

Penggabungan ini tampaknya memang bukan hal yang jamak. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati agar tidak terlena. Penggabungan madu dengan lobak bisa menghasilkan senyawa beracun. Dr. Thulasidas juga memberikan peringatan mengenai bahaya dari pencampuran ini.

Ilustrasi lobak (unsplash)

Salah satu hal yang bisa membuat terlena adalah saat membuat salad. Jika Anda membuat salad yang ditambah dengan madu, sebaiknya ingatlah untuk tidak menambahkan lobak di dalamnya.

4. Madu dan makanan non-vegetarian

Madu umum digunakan sebagai bahan yang digunakan untuk memasak makanan non-vegetarian, misalnya membuat daging panggang. Ini jamak dilakukan, tetapi apakah aman?

Dr. Thulasidas menjelaskan bahwa madu dan produk daging tidak sesuai dengan prinsip ayurveda. Penggabungan bahan-bahan makanan ini dengan kualitas yang bertentangan bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dicampur dengan madu. Meski berkhasiat untuk kesehatan, cara konsumsi yang tidak benar malah bisa berpotensi sebaliknya. 

Rekomendasi