13 Juta Akun PUBG Kena Banned

Tim Editor

PlayerUnknown's Battlegrounds

Jakarta, era.id - Tidak bisa dipungkiri lagi, semenjak dirilis pada 20 Desember 2017 lalu, PlayerUnknown's Battlegrounds semakin ramai dimainkan oleh gamer di seluruh dunia. Sayangnya, keramaian tersebut juga dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk melakukan tindak kecurangan untuk bermain game tersebut. 

Dilansir dari PC Gamer, Minggu (7/10/2018) seorang redditor bernama sjk045, telah menghitung selama 69 minggu terakhir, setidaknya ada jutaan pemain yang terkena banned. Data tersebut ia temukan melalui report mingguan Bluehole yang diposting di official Korean PUBG Cafe. 

"Secara keseluruhan sejak pertengahan 2017, sudah ada 13 juta pemain yang terkena banned,hingga pada awal Oktober 2018 ini," kutip dari PC Gamer.

Data pemain PUBG yang terkena Banned
(Data pemain PUBG yang terkena banned)

Namun laporan itu tidak menjelaskan secara rinci apakah seluruh akun yang terkena banned ini adalah pemain PUBG versi desktop atau versi mobile. 

Kendati demikian, penurunan angka pemblokiran akun cheater tidak serta merta mencerminkan Bluehole sebagai pengembang memiliki solusi yang efektif. Pasalnya penurunan jumlah cheater ini juga diiringi dengan turunnya jumlah pemain PUBG. 

Menurut laporan itu pada Januari lalu, jumlah rata-rata pemain PUBG setiap bulan bisa mencapai 1,6 juta pemain. Namun selama 30 hari terakhir jumlah tersebut turun menjadi sekitar 500.000 pemain saja. 

"Karena bisa saja satu pemain memiliki dua akun atau bahkan lebih yang digunakan untuk berlaku curang," kutip era.id.

Saat ini Tencent selaku pemilik PUBG dan Bluehole sebagai pengembang memang tengah gencar memberantas para pemain curang. Bahkan sejak Januari lalu ada sebanyak 141 orang ditangkap dengan dakwaan membuat, menyebarkan dan menggunakan cheat.

Tag: gaming

Bagikan: