Menerka Hukuman Paling Pantas Buat Khabib Nurmagomedov

Tim Editor

Khabib Nurmagomedov (Twitter @Slate)

Las Vegas, era.id - Gelar juara kelas ringan UFC Khabib Nurmagomedov yang diperolehnya usai mengalahkan Conor McGregor terancam dicopot akibat kerusuhan yang terjadi setelah pertandingan di T-Mobile Arena, Las Vegas, Minggu (7/10) siang WIB.

Dilansir dari Independent, Senin (8/10) presiden UFC Dana White mengatakan, tindakan Khabib yang melompati pagar Oktagon dan menyerang salah satu rekan latih tanding McGregor menjadi alasannya.

"Kita lihat nanti," White mengatakan ketika ditanya tentang kemungkinan pencopotan gelar Khabib.

"Komisi Atletik Nevada akan memberikan beberapa jenis denda atau hukuman, kita akan lihat. Saya tidak tahu. Jika ia (Khabib) mendapat hukuman larangan bertanding dalam waktu lama, maka benar ia kemungkinan bakal dicabut (gelarnya)," sambung White.

Petarung Rusia itu menaklukkan McGregor pada menit ketiga ronde keempat melalui submisson atau kuncian. Usai pertarungan, Khabib menyerang secara membabi buta sebelum diamankan oleh pihak keamanaan dan sejumlah staf pertandingan.
 


Khabib menyerang sahabat McGregor, Dillon Danis lantaran menghina ayah dan agamanya. Khabib merupakan muslim taat dan menjadi petarung Rusia dan muslim pertama yang menjadi pemegang juara UFC.

Tak hanya itu, penyebab emosi Khabib bukan hanya sebatas penghinaan yang dilakukan kubu McGregor terhadap ayah dan agamanya saja. Pada April lalu, McGregor bersama rombongannya tiba-tiba datang dalam sebuah media event untuk ajang tarung UFC 223 di Barclays Center, New York City.  McGregor sendiri tak ikut dalam ajang tersebut.

Mereka lantas masuk ke anjungan bongkar muat, di mana sejumlah petarung UFC sedang bersiap meninggalkan gedung menggunakan sebuah bus. Dengan penuh emosi petarung Irlandia itu menyerang bus tersebut dengan cara melemparinya dengan sebuah lori besi.

Dalam bus tersebut, saat itu, Khabib bersama sejumlah orang dari manajemennya dan beberapa rekan petarung UFC seperti Rose Namajunas, Al Iaquinta, Karolina Kowalkiewicz, Ray Borg, dan Michael Chiesa. 

Serangan McGregor terhadap bus ini membuat Chiesa luka pada kepala dan wajahnya akibat terkena pecahan kaca. Chiesa pun batal bertarung pada jadwal pekan berikutnya, demikian halnya dengan Ray Borg yang mengalami luka pada matanya.

Sekilas Tentang Khabib

Terlahir dengan nama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov pada 20 September 1988, Khabib adalah seorang seniman bela diri campuran Rusia keturunan Avar, yang berasal dari Dagestan yang bertetangga dengan Chechnya dan Georgia. 

Ayahnya adalah seorang veteran dan pelatih yang melatih Khabib dengan disiplin sekaligus penuh ketekunan. Dalam sebuah video yang beredar di laman YouTube--yang dikonfirmasi oleh ayahnya--Khabib melakukan latihan gulat dengan beruang.
 


Khabib memulai karier profesionalnya di MMA pada usia 20 tahun pada September 2008. Bulan April lalu, dia berhasil memenangkan gelar UFC dengan kemenangan bulat atas Al Iaquinta di UFC 223

Dia adalah juara dunia Combat Sambo dua kali dan saat ini memegang rekor tak terkalahkan beruntun terpanjang di MMA, dengan 27 kemenangan. Per 24 September 2018, Khabib menempati ranking 8  di peringkat resmi UFC.

Khabib menikah pada Juni 2013 dan dikarunai sepasang putra dan putri. Dia mampu berbicara dalam banyak bahasa, termasuk Dagestan, Rusia, Inggris, Turki dan Arab. Khabib merupakan muslim sunni yang taat dan penggemar klub sepak bola Real Madrid.

Pada musim 2017-18, saat Cristiano Ronaldo masih berkostum Real Madrid, Khabib bertemu superstar Portugal seusai laga melawan Real Sociedad  yang berakhir dengan skor 5-2 untuk Madrid. Dalam laga itu Ronaldo mencetak hat-trick.

Ronaldo lantas memberikan jersey kemenangan yang dilengkapi tanda tangannya kepada Khabib. Dalam sebuah potongan video yang diunggah di Instagram-nya, Khabib mengajak Ronaldo mengucap salam dalam bahasa Arab.

"Assalamualaikum, ucap Ronaldo. Hingga saat ini, video tersebut telah dilihat 2.566.171 kali.
 

Khabib berhasil mengalahkan Conor McGregor pada ronde keempat dalam pertarungan memperebutkan gelar juara dunia kelas ringan UFC pada Minggu kemarin. Setelah pertandingan, sebuah kericuhan terjadi dan membuat gelar ini terancam dicopot dari Khabib.

"Saya minta maaf kepada komisi atletik (Nevada), minta maaf ke Las Vegas. Ini bukan sisi terbaik saya. Saya hanya manusia biasa dan saya tidak mengerti kenapa orang-orang hanya berbicara mengenai saya melompati pagar (dan menyerang)," ujar Khabib setelah peristiwa tersebut. 

Baca Juga : Marc Marquez Juara MotoGP Thailand

Tag: ufc khabib vs mcgregror

Bagikan: