Facebook Luncurkan Portal, Gadget Khusus Video Chatting

Tim Editor

Facebook Portal (Facebook)

Jakarta, era.id - Facebook resmi meluncurkan gadget pertamanya, yakni Portal. Perangkat pintar buatan Facebook ini akan berfokus pada layanan video call di rumah.

Portal dan Portal plus merupakan perangkat pintar yang terkoneksi langsung dengan Facebook Messengger dan dapat diperintah hanya dengan suara. Dengan bantuan artificial intelligence (AI), kalian dapat mengakses perangkat ini hanya dengan mengucapkan 'Hei, Portal'

"Kedua model dirancang untuk membantu anda merasa lebih dekat dengan orang-orang penting dalam hidup anda dan membuat obrolan video terasa lebih terasa seperti benar-benar berada di ruangan yang sama," kata Facebook dalam posting blog, Selasa (9/10/2018).

Spesifikasi Facebook Portal

Facebook Portal ini memiliki fitur layaknya layanan video calling, hanya saja Portal dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang digarap langsung oleh Amazon Alexa. Fitur AI yang tertanam pada Portal akan memberikan pengalaman obrolan video yang berbeda.

Di mana kamera pintar Portal akan dapat memungkinkan kita menikmati pengalaman hands-free yang lebih nyaman. Berbasis AI, kamera pada Portal dapat mengikuti seluruh gerakan yang kalian lakukan di dalam ruangan. 

"Smart Camera akan secara otomatis melakukan perekaman hingga semua orang dapat tetap terlihat. Smart Sound meminimalkan kebisingan yang ada di sekitar kalian. Ini seperti memiliki sinematografer dan kru suara anda yang mengarahkan video call secara pribadi," jelas Facebook.



Berbasis Amazon Alexa, Facebook Portal memungkinkan kalian untuk menanyakan cuaca, berita, skor olahraga, dan banyak lagi. Juga ada integrasi Spotify, Pandora, dan iHeartRadio. 

Facebook Portal juga bisa menampilkan efek augmented reality (AR) sehingga panggilan video jadi lebih interaktif dan menyenangkan. Fitur ini memungkinkan kalian mengkostumasi tampilan pada bingkai chat seperti sebuah karakter fiksi.

"Dan ketika Anda tidak menelepon, Portal Superframe dapat menampilkan foto dan video favorit Anda dan pemberitahuan penting seperti pengingat ulang tahun, sehingga Anda selalu merasa sedikit lebih terhubung dengan keluarga dan teman terdekat Anda," lanjut Facebook dalam blog resminya.



Facebook portal hadir dalam beberapa varian, untuk versi 10 inch dengan dimensi 1280 x 800 dijual seharga $199 USD (Rp3,4 juta). Sedangkan versi Portal plus berukuran 15 inch dengan resolusi layar 1920 x 1080 dengan stand pivot dijual seharga $349 USD atau sekitar Rp5,6 juta. Produk sudah bisa dipesan secara Pre-order dan dijual bebas pada bulan November, atau kalian bisa memesannya di https://portal.facebook.com/

 

Tag: facebook chipset teknologi 7nm facebook portal

Bagikan: