Latihan yang Cocok untuk Melawan Obesitas

| 12 Oct 2018 11:25
Latihan yang Cocok untuk Melawan Obesitas
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Dunia berubah dengan pesat dan kita pun ikut dalam perubahan itu. Perubahan yang pesat ini pula yang membuat gaya hidup kita menjadi tidak aktif hingga membuat peningkatan kalori di tubuh. Imbasnya, makin banyak orang yang kena gejala obesitas di dunia ini.

Lalu, apa itu Obesitas? Obesitas adalah fenomena kelebihan berat badan dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih tinggi. Kalau dilihat dari ukuran pinggang, pengidap obesitas memiliki lingkar pinggang 40 inci untuk pria atau 35 inci untuk wanita. Kalau sudah begini, akan ada peningkatan risiko kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung dan penyakit utama lainnya.

Baca Juga :  6 Nutrisi yang Mesti Ditambah dalam Program Diet

Lalu, bagaimana melawan obesitas? Tipsnya adalah berolahraga. Melakukan olahraga ringan dapat membantu menurunkan berat badan kamu. Terlepas dari ini, olahraga membantu meningkatkan fungsi tubuh sepanjang hari. Selain itu, kalau badan kamu bagus, itu akan mencerminkan suasana hati dan kamu akan merasa jauh lebih percaya diri.

Nah, dilansir dari bolsky.com, ada sejumlah olahraga yang cocok buat kamu yang memiliki ukuran tubuh yang besar dan rawan terkena obesitas. Mari simak sajian berita dari kami:

1. Berjalan

Berjalan adalah salah satu latihan terbaik dan termudah karena tidak memerlukan peralatan. Selain itu, berjalan bisa dilakukan di mana saja. Jalan kaki adalah olahraga ringan berisiko rendah yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan mobilitas di bagian bawah tubuh, serta membantu menurunkan berat badan dengan cara yang aman. Karena itu, sebaiknya berjalan selama 10 hingga 15 menit setiap hari. 

2. Training

Melakukan training bermanfaat bagi orang yang kelebihan berat badan. Ini juga dapat memperbaiki postur tubuh yang mungkin timbul akibat sering kesulitan membawa badan yang besar, meningkatkan gerakan di persendian, dan membentuk otot serta meningkatkan metabolisme. Melakukan training ini, kamu bisa lakukan di gym atau melakukannya di rumah.

Baca Juga :  Kamu Mau Diet? Konsumsi Enam Buah Ini

3. Bersepeda 

Bersepeda adalah latihan lain untuk orang yang kelebihan berat badan yang membantu membakar kalori. Bersepeda sangat baik untuk untuk melangsingkan pantat, paha dan pinggang kamu apalagi penumpukan lemak lebih banyak di area-area tubuh tersebut.

4. Jogging 

Jogging adalah latihan aerobik yang efektif, tidak hanya bagus untuk orang gemuk tetapi juga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan angka kematian dan sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Menurut Harvard Health Publishing, jika berat badan kamu 56 kg, kamu akan membakar 180 kalori hanya dengan setengah jam joging.

Rekomendasi