Kini Facebook Punya Fitur Foto 3D

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Facebook resmi mengumumkan fitur foto 3D. Fitur ini dikembangkan, agar semua pengguna Facebook dapat melihat hasil jepretan foto dalam format 3 dimensi.

Fitur serupa juga sudah diuji coba Facebook dalam tampilan Virtual Reality (VR) 360 derajat baik format video maupun foto. Facebook berharap, fitur foto 3D ini akan membuat konten di media sosial terbesar itu jadi makin menarik.

Jadi bagaimana cara kerja foto 3D di Facebook. Mengutip dari laman situs Techcrunch, Jumat (12/10/2018) untuk menampilkan format foto 3D, Facebook menggunakan bantuan dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) sehingga mereka ulang gambar yang ada dibelakang subyek foto.

Faceboo 3D foto (Techcrunch)
(Tampilan Foto 3D Facebook/Techcrunch)

Sejauh ini kemampuan membuat foto 3D tersebut masih terbatas di perangkat iPhone yang memiliki dua kamera belakang seperti 7 Plus, 8 Plus, X atau XS.
Kalau sudah memiliki ponsel yang sesuai, cara membuat foto 3D ini tak terlalu rumit. 

Cukup mengambil sebuah foto portrait, kemudian klik opsi foto 3D di bagian pembaruan status, pilih foto yang sudah diambil, dan bisa langsung di-post. Nantinya kalian bisa melihat hasil foto dalam format gambar 3D, dengan cara mengklik foto tersebut di newsfeed kalian untuk versi mobile maupun desktop.

Selain itu, pengguna headset virtual reality (VR) juga bisa melihat lewat browser Oculus Go atau Firefox di Oculus Rift.

Nah, untuk cara kerjanya, Facebook menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menyatukan mereka ulang kumpulan foto dalam satu gambar yang sama dengan memiringkan sudut perspektifnya. Hal ini bisa terjadi, karena mode portrait pada ponsel dua kamera digunakan secara bersamaan, sehingga perbedaan paralaks dapat digunakan untuk membuat ulang apa yang ada di belakang subjek.



Untuk membuat foto 3D yang bagus, Facebook menyarankan untuk menaruh subjek kalian sejauh satu meter dari kamera, serta memiliki sesuatu di latar belakang dan latar depan. Kemudian warna yang berbeda dapat membuat pemisahan lapisan yang lebih baik, sementara objek yang transparan dan mengkilap seperti plastik atau kaca akan lebih sulit ditangkap AI.
 
 

Tag: chipset teknologi 7nm facebook fotografi

Bagikan: