Apple Jelaskan Makna Huruf 'R' di iPhone XR

Tim Editor

IPhone XR (Twitter Applestore)

Jakarta, era.id - Sudah sebulan, Apple meluncurkan trio iPhone XS, XS Max dan XR. Seri X pada ponsel anyar iPhone itu pun bermakna angka 10 yang diambil dari penomoran Romawi. Tapi tahukah kalian makna huruf 'S' dan 'R' pada seri iPhone terbaru itu?

Melansir dari The Verge, Selasa (23/10/2018) Chief Marketing Apple, Phill Schiller menjelaskan, embel-embel huruf 'S' yang kerap digunakan pada seri pendahulu iPhone berarti Speed atau cepat. Sedangkan huruf 'R' pada iPhone XR disandingkan penamaan mobil yang mengutamakan performa pada istilah mobil sport.

"Saya suka mobil dan hal-hal yang mengutamakan kecepatan. Huruf 'R' dan 'S' sama-sama sering dipakai untuk mobil sport yang sangat istimewa," ucap Schiller kepada Engadget seperti dikutip The Verge.

Ia menjelaskan, penambahan huruf 'R' maupun 'S' bisa diartikan suatu produk yang benar-benar spesial. Schiller menggambarkannya dengan mobil sport seperti Nissan Skyline GT-R, Jaguar XJR, Audi RS 7, Porsche maupun Mercedes Benz.

Meski demikian, Schiller mengatakan penambahan huruf-huruf pada iPhone tak memiliki makna yang spesifik pada produk Apple itu. Bahkan huruf 'S' pada seri iPhone 3GS maupun iPhone 4S tak memiliki makna yang pasti.
 


"Saat iPhone 3GS diperkenalkan 2009, 'S' berarti kecepatan. Namun dua tahun setelahnya CEO Apple Tim Cook menyebut 'S' di iPhone 4S yang berarti 'Siri' program asisten digital buatan Apple," ungkap Schiller.

Pada saat iPhone 5S dan 5C diperkenalkan pada tahun 2013, Apple tak lagi memberikan penjelasan soal arti huruf 'S' untuk seri ponsel selanjutnya. Menariknya, penamaan 'SE' di iPhone SE merupakan singkatan dari Special Edition atau edisi khusus.

Biar kalian tahu, iPhone XR sendiri merupakan varian yang paling murah ketimbang dua iPhone anyar lain, iPhone XS dan XS Max. iPhone XR dibanderol mulai 750 dolar AS (Rp11,3 jutaan) dan mulai tersedia pada Oktober ini di beberapa negara.
 

Tag: produk apple iphone xs apple fanboy

Bagikan: