Setelah Instagram, Giliran Bos Oculus Tinggalkan Facebook

| 24 Oct 2018 08:43
Setelah Instagram, Giliran Bos Oculus Tinggalkan Facebook
Co-founder Oculus Brendan Iribe (Techcrunch)
Jakarta, era.id - Facebook kembali ditinggal salah satu petinggi perusahaan yang diakusisinya. Setelah duo co-founder Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger, kali ini giliran pendiri dan mantan CEO Oculus, Brendan Iribe.

Mundurnya Iribe mengikuti kabar dibatalkannya pengembangan Oculus Rift 2, headset virtual reality (VR) yang ditenagai PC. Iribe sendiri merupakan pemimpin divisi PC VR Oculus setelah mundur dari posisi CEO pada 2016.

Iribe sendiri mengumumkan keberangkatannya lewat postingan di akun Facebook-nya. Ia mengucapkan terima kasih kepada timnya, tapi tidak menjelaskan apa alasannya untuk keluar. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah menjadi bagian dari perjalanan luar biasa ini, terutama Mark (Zuckerberg) karena telah mempercayai tim ini dan masa depan VR dan AR," tulis Iribe, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (23/10).

<iframe src="https://www.facebook.com/plugins/post.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fbrendaniribe%2Fposts%2F10156690409218749&width=500" width="500" height="274" style="border:none;overflow:hidden" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true" allow="encrypted-media"></iframe>

Hengkangnya Iribe dikarenakan perbedaan pandangan dengan petinggi Facebook lainnya tentang masa depan Oculus. Sumber internal mengatakan, mundurnya Iribe karena Facebook disinyalir menghendaki peningkatan jumlah pengguna Oculus virtual reality (VR) sebanyak mungkin, tapi dengan mengorbankan pengalaman VR yang berkualitas tinggi.

"Bekerja bersama orang-orang bertalenta di Oculus dan Facebook telah menjadi pengalaman paling transformatif dalam karir saya," tulis Iribe di akun Facebooknya.

"Kesuksesan Oculus hanya terwujud karena kerja keras tim yang luar biasa. Saya ingin mengucapkan terima kasih ke semua pihak yang telah menjadi bagian dari perjalanan yang luar biasa ini," lanjutnya. 

Oculus memulai debutnya melalui kampanye Kickstarter tahun 2012 silam. Iribe sendiri bergabung dengan Facebook setelah Oculus diakuisisi dengan dana sebesar 2 miliar dolar AS (atau sekitar Rp30 triliun) pada 2014.

 

Ini bukan pertama kalinya petinggi Oculus meninggalkan jabatannya. Sebelum Iribe, pendiri sekaligus kreator Oculus, Palmer Luckey, lebih dulu hengkang dari Facebook pada awal 2017, tepat tiga tahun setelah diakuisisi. 

Pada tahun yang sama dengan kepergian Luckey, pendiri WhatsApp Brian Acton meninggalkan Facebook, disusul rekannya sesama co-counder WhatsApp, Jan Koum, pada awal 2018. Kemudian disusul pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger yang telah mundur dari Facebook hanya sebulan sebelumnya hengkangnya Iribe.

 

Rekomendasi