Facebook Bakal Ganti Nama Minggu Depan, Fokus Bangun 'Metavers', Apa Itu?

Tim Editor

CEO Facebook Mark Zuckerberg (The Verge)

ERA.id - Raksasa jejaring sosial Facebook dikabarkan berencana mengganti nama (rebrand) pada pekan depan.

CEO Facebook Mark Zuckerberg berencana mengumumkan penggantian nama ini pada ajang konferensi tahunan Facebook Connect pada 28 Oktober mendatang.

Pergantian nama Facebook bisa jadi dilakukan lewat restrukturisasi perusahaan Facebook, serupa dengan yang dilakukan Google pada 2015.


Perubahan merek kemungkinan akan memposisikan aplikasi Facebook sebagai salah satu dari banyak produk di bawah perusahaan induk yang mengawasi grup seperti Instagram, WhatsApp, Oculus, dan banyak lagi.

Alasannya, menurut sumber yang mengetahui persoalan tersebut, adalah untuk merefleksikan fokus baru Facebook untuk membangun "metaverse" alias ekosistem digital.

“kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse," jelas Zuckerberg seperti dikutip dari The Verge, Rabu (20/10/2021).

Metaverse sendiri didefinisikan oleh Facebook sebagai dunia online yang ditinggali orang-orang, di mana mereka saling berkomunikasi di ruang virtual. Zuckerberg memiliki visi bahwa metaverse adalah kelanjutan dari internet mobile yang menggabungkan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

"Bukan hanya melihat konten, Anda berada di dalamnya. Anda merasakan kehadiran orang-orang di berbagai tempat dan melakukan hal-hal yang tak bisa diwujudkan lewat aplikasi 2D atau situs web, seperti misalnya berdansa," ujar Zuckerberg

Nama Facebook sudah dipakai sejak pertama didirikan pada 2004.

Tag: facebook mark zuckerberg

Bagikan: