Berburu Barang Harga Miring di Alibaba Singles Day

Tim Editor

Ilustrasi (Twitter @AlibabaGroup)

Jakarta, era.id - Alibaba Singles Day adalah acara belanja besar berskala internasional yang diselenggarakan di China dan sekarang telah mengglobal. Acara ini dimulai sejak 6 November 2018 di mana pembeli dari Amerika Serikat, Britania Raya, China, dan Indonesia berkesempatan mendapatkan penawaran yang bagus. 

Seperti dirangkum theverge.com, banyak analis yang memprediksi Alibaba Singles Day akan mengalahkan rekor penjualan dari kombinasi event belanja internasional Black Friday dan Cyber Monday, berdasarkan angka penjulan tahun lalu. 

App Annie memprediksi pada event ini angka penjualan akan melebihi 32 miliar dolar AS, sementara Adobe memperkirakan penjualannya akan tembus hingga 23,4 miliar dolar AS. 

Hari libur, yang diyakini sejak tahun 1990-an sebagai cara bagi pria di perguruan tinggi untuk merayakan menjadi jomblo, berubah menjadi acara belanja pada 2009 oleh Jack Ma dari Alibaba. Semenjak itu, event belanja ini menjadi acara rutin tahunan. 

Retail online lain juga turut berpartisipasi dalam acara ini seperti JD.com, Suning, dan platform lain yang lebih kecil. Mereka turut menawarkan penjualan dengan harga dan promosi menarik.

Bagi yang masih bingung bagaimana cara ikutan event ini, berikut gambaran dan tutorial singkatnya. 

Alibaba memiliki banyak platform yang menawarkan penjualan, di antaranya Taobao, Tmall, dan AliExpress. Ketiganya serupa tapi tak sama. AliExpress misalnya, platform ini khusus untuk pelanggan internasional dan merupakan satu-satunya yang tersedia dalam bahasa Inggris. Sementara Tmall dan Taobao cukup mirip, bedanya Tmall menawarkan barang dari perusahaan kepada konsumen, sementara Taobao berisi transaksi yang dijual oleh individu, yang lebih mirip eBay atau Tokopedia, Shopee, Bukalapak di Indonesia. 

Sangat mudah bagi penutur bahasa Inggris untuk berbelanja di AliExpress, dan para konsumen akan menemukan hampir di setiap barang yang ditawarkan di landingpage situs ini akan dijual seharga 1 dolar AS pada momen Alibaba Singles Day ini. Situs ini juga menawarkan layanan pelanggan 24/7 hari dan pengembalian gratis. 

Sementara jika kamu ingin mencoba berbelanja dengan bahasa Mandarin, berikut caranya: pertama, buat akun Taobao di aplikasi smartphone (baik Android maupun iOS). Pada aplikasi Taobao, akan muncul tampilan listing dari situs Tmall juga, jadi dengan berbelanja di satu platform, kita bisa melihat penawaran dari berbagai sumber. Selain itu, beberapa vendor di sana juga ada yang menyertakan bahasa Inggris di kolom deskripsi produknya, untuk membantu orang asing menemukan produk. 

Untuk pengirimannya, rata-rata durasi pengiriman ke Indonesia 10-15 hari, tergantung di kota mana kamu berada. Biasanya di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya akan lebih cepat sampai.

Yang membedakan Alibaba Single Day dengan event-event belanja lain yaitu, situs-situs penjual kerap menampilkan penawaran mereka sebelum hari di mana produk tersebut dijual. Namun kamu harus menunggu hari itu tiba untuk bisa mendapatkan barangnya. Harganya bisa sangat murah, oleh karena itu, jika kamu menemukan barang dengan harga murah tapi dari vendor tidak resmi (pihak ketiga), skeptis lah. Periksa ulasan dan rating penjual. Penjual yang cukup bagus mendapatkan tanda berlian di akunnya, sementara para pemula dengan beberapa ulasan yang baik memiliki simbol hati.

Pada event ini sangat tidak direkomendasikan untuk membeli produk Apple, Google, maupun produk lain yang impor dari AS. Produk-produk tersebut harganya malah bisa lebih mahal di China.

Berikut daftar harga 'miring' untuk produk elektronik yang sangat menarik. Kamu dapat menemukan barang tersebut di Tmall dan AliExpress.

ALI EXPRESS

Huawei Honor 10 dimulai dari harga 259.99 dolar AS (biasanya 305.87 dolar AS)

Asus Zenfone 5Z dimulai dari harga 475.23 dolar AS (biasanya 720.04 dolar AS)

Meizu M6 2GB RAM dan 16GB ROM dimulai dari 79.99 dolar AS (biasanya 99.99 dolar AS)

Xiaomi Gaming Headphones dengan LED dan noise cancellation seharga 49.23 dolar AS (biasanya 80.70 dolar AS)

Xiaomi Redmi Note 5 dimulai dari 125.77 dolar AS (biasanya 161.24 dolar AS)

Fujifilm Instax Mini 9 Instant Camera beserta film, tas, filter, dan frame seharga 103.27 dolar AS (biasanya 161.36 dolar AS)

Anker Bluetooth Soundcore Spirit X Earphones seharga 29.62 dolar AS (biasanya 40 dolar AS)

Anker Bluetooth Soundcore Spirit Earphones seharga 25.71 dolar AS (biasanya 40 dolar AS)

Anker Soundcore Flare Portable Bluetooth Speaker seharga 49.71 dolar AS (biasanya 85.70 dolar AS)

Anker SoundCore 2 Portable Bluetooth Wireless Speaker seharga 34.67 dolar AS (biasanya 67.98 dolar AS)

10,000mAh Xiaomi Power Bank seharga 18.52 dolar AS (biasanya 26 dolar AS)

Xiaomi Smart LED Lightbulb seharga 18.69 dolar AS (biasanya 24.92 dolar AS)

Samsung microSD Card 8GB to 256GB dimulai dari 1.96 sampai 16.00 dolar AS (biasanya 9.80 sampai 80 dolar AS)

TMALL

Lenovo 7000 2018 8th Gen Intel Core i5-8250U, 8GB RAM, 256GB SSD, AMD Radeon 535 seharga 632.17 dolar AS (biasanya 689.81 dolar AS)

Huawei Mate 20 Pro with 8GB RAM, 128GB SSD seharga 776.05 dolar AS (biasanya 1,059 dolar AS)

Baca Juga : Lima Komoditas Indonesia Diekspor ke China di Singles Day
 

Tag: chipset teknologi 7nm

Bagikan: