Lagu Ed Sheeran Cocok Jadi Pengantar Tidur

| 15 Nov 2018 11:10
Lagu Ed Sheeran Cocok Jadi Pengantar Tidur
Ed Sheeran. (Foto: Instagram @teddysphotos)
Jakarta, era.id - Lagu bisa jadi media sebagai pengantar tidur. Tapi tahukah kamu, kalau lagu-lagu Ed Sheeran adalah yang paling gampang membuat kamu tidur.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (15/11/2018), sebuah penelitian di Universitas Sheffield, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, berusaha menemukan bagaimana orang menggunakan musik untuk membantu mereka tidur. 

Dari 651 responden, 62 persen mendengarkan musik sebelum tidur, karena menurut mereka musik dapat merangsang tidur dan menutup gangguan dari luar.

Dalam penelitian ini, responden mengutip 545 seniman dari 14 genre, dengan Ed Sheeran salah satu yang paling sering direferensikan, bersama dengan Bach, Mozart, Brian Eno, Coldplay dan Chopin.

 

Efek fisiologis dan psikologis dari musik untuk membantu kita tidur tidak sepenuhnya dipahami. Meskipun, musik bisa bekerja pada sistem saraf parasimpatis dan dapat menurunkan tingkat jantung, pernapasan, serta tekanan darah.

Bagi mereka yang mau menjadikan musik sebagai terapi sebelum tidur, itu bisa berefek maksimal selama tiga minggu pelaksanaannya.

The Sleep Foundation, juga merekomendasikan memilih gaya musik yang kamu sukai, kalau bisa yang relatif lambat, sekitar 60 hingga 80 beat per menit (bpm).

Beberapa musik memang dirancang untuk terapi tidur. Pada 2015, komposer Max Richter merilis Sleep, sebuah album komposisi string, organ, vokal, synths dan elektronik, yang berdurasi delapan setengah jam dan dikembangkan bersama seorang ahli saraf David Eagleman. 

Pakar soal tidur sering mengatakan, jazz, klasik dan folk adalah genre yang paling berguna bagi mereka yang ingin terapi tidur dengan musik. 

Nah, kalau begini, lagu-lagu Sheeran tadi menjadi pilihan yang tidak biasa. 

Tapi, ketika Spotify menganalisis daftar putar Sleep penggunanya, mereka menemukan Ed Sheeran sebagai artis yang paling sering dipilih.

Faktanya, tiga lagu paling populernya di Spotify semuanya adalah yang memiliki bpm di atas tingkat bpm ideal untuk tidur. Perfect dengan 95 bpm, Shape of You dengan 96 bpm, dan Happier dengan 90 bpm. 

 

 
Rekomendasi