2019 Robert Kubica Kembali ke Formula 1 

| 22 Nov 2018 17:21
2019 Robert Kubica Kembali ke Formula 1 
Robert Kubica (Twitter @R_Kubica)
London, era.id - Robert Kubica akan kembali membalap di Formula 1 bersama tim Williams tahun depan setelah absen delapan tahun karena cedera yang dia dapati ketika melakukan reli.

Wakil Ketua Tim Williams, Claire Williams, kepada Formula1.com mengonfirmasi kabar tersebut pada Kamis (22/11/2018).

"Saya senang mengumumkan, Robert akan menjadi pebalap dan berpasangan dengan rekannya, George (Russell) di 2019. Kami semua di Williams sangat terkesan dengan apa yang dia raih. Suatu kehormatan melihat kekuatan karakter dia dan keuletannya kembali ke Formula 1," kata Williams.

Selama musim 2018, komitmen dan kerja Kubica sudah membantu tim Williams di belakang layar dan dia telah menjadi salah satu anggota tim Williams yang dihormati.

"Mendapati konsistensi Robert untuk melangkah ke peran baru ini akan menjadi langkah penting bagi kami untuk bertarung ke depan," kata Williams.

 

Kubica bersaing dengan Sergey Sirotkin untuk kursi pebalap Williams tahun lalu. Keduanya menjalani sesi tes dengan mobil Williams di Abu Dhabi.

Williams akhirnya memilih Sirotkin, sementara Kubica diberi peran sebagai pebalap pengganti dan untuk pengembangan mobil.

 

Kubica, pebalap asal Polandia itu, bersamaan juga melanjutkan program rehabilitasinya yang telah berlangsung selama beberapa tahun hingga akhirnya dia mampu meyakinkan Williams bahwa dia adalah pebalap yang tepat untuk menjadi rekan pebalap rookie George Russell untuk memperkuat Williams tahun depan.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua yang telah membantu saya di masa yang sulit di hidup saya selama beberapa tahun ini," kata Kubica.

 

"Sangat lah menantang untuk bisa kembali ke Formula 1, tapi apa yang dulunya seperti mimpi ini mulai terasa seperti kenyataan, dan saya sangat senang untuk mengatakan bahwa saya akan berada di grid Formula 1 di 2019," kata Kubica.

"Hal ini tidak akan mudah tapi dengan kerja keras dan dedikasi, baik George dan saya sendiri akan bekerja bersama untuk mencoba dan membantu tim berbenah untuk lebih baik di grid. Tahun ini tahun yang sulit, tapi saya telah belajar banyak dan saya ingin berterima kasih kepada Sir Frank (Williams) dan Claire (Williams) untuk kesempatan ini," lanjutnya.

Claire Williams pun tidak lupa berterima kasih kepada Lance Stroll dan Sergey Sirotkin atas kontribusinya ke tim tahun ini. 

"Kami berharap yang terbaik untuk karier yang lebih baik bagi keduanya di masa depan," tukas Claire.

Kubica membuat debut di F1 pada 2006 dan telah naik podium 12 kali termasuk juara di GP Canada 2008, yang membawanya finis terbaik keempat di klasemen pebalap umum.

Kubica dijadwalkan akan turun dengan mobil Williams pada sesi latihan bebas FP1 akhir pekan nanti di Abu Dhabi. 

 

Baca Juga : Vietnam Gelar Balap Formula 1 di April 2020

 

Rekomendasi