Pebalap Thailand Bakal Beraksi di Formula 1

| 27 Nov 2018 08:55
Pebalap Thailand Bakal Beraksi di Formula 1
Alexander Albon (Twitter @F1)
Bangkok, era.id - Alexander Albon akan menjadi orang Thailand pertama yang berlomba di era Formula 1 modern setelah dia menandatangani kontrak dengan tim Toro Rosso untuk musim balap 2019.

Dengan kedatangan Albon, pebalap Selandia Baru, Brendon Hartley--juara balap Le Mans 24 Jam dan juara dunia ketahanan membalap--dipastikan kehilangan kursinya di tim Toro Rosso.

Albon, 22 tahun, yang akan bergabung dengan pebalap Rusia Daniil Kvyat, menempati urutan ketiga di balap Formula 2 tahun ini dan pada awalnya akan berlomba untuk Nissan di seri Formua E.

Runner-up di seri GP3 itu, mengatakan dirinya merasa sangat gembira karena akhirnya bisa mewujudkan impian.

"Sepanjang karier saya sebagai pebalap, saya sudah mengalami pasang surut. Saya dicoret oleh Red Bull pada 2012, jadi sejak itu saya kemudian menyadari bahwa jalan saya menuju Formula 1 akan menjadi lebih sulit," kata Albon.

"Saya benar-benar bekerja keras dan mencoba untuk tampil lebih baik setiap saya membalap dan saya sangat berterima kasih kepada Red Bull dan konsultan Dr Helmut Marko yang telah memberi kepercayaan kesempatan kedua kepada saya," Albon menambahkan.

 

Ketua Tim Toro Rosso Franz Tost mengatakan, Albon, yang gagal dalam program pebalap muda Red Bull pada 2012, telah membuktikan kemampuannya di Formula 2, yang merupakan batu loncatan ke Formula 1 dan sudah pantas untuk bersaing di ajang balap paling bergengsi ini.

"Ia menjuarai empat lomba dan menempati urutan tiga klasemen umum. Cara dia menyalip banyak lawan saat lomba memperlihatkan dirinya sudah siap dan matang untuk bersaing di Formula 1," kata Franz Tost.

Keberadaan Albon di tim juga cocok dengan sponsor mereka minuman energi Red Bull yang juga berasal dari Thailand dan dirikan mendiang Chaleo Yoovidhya bersama Dietrick Mateschitz asal Austria.

Thailand sebenarnya sudah memiliki pebalap yang berlomba di Formula 1, yaitu jutawan Birabongse Bhanuban yang lebih dikenal dengan Pangeran Bira dan mengikuti 18 lomba antara 1950-1954 dengan hasil terbaik peringkat keempat.

Sementara itu juara Formula 1 George Russel dan runner-up Lando Norris, keduanya asal Inggris, juga akan bersaing di Formula 1 musim mendatang membela tim mantan juara Williams dan McLaren.

Tim Toro Rosso yang menggunakan mesin Honda, menempati peringkat kesembilan dalam klasemen umum pabrikan di Abu Dhabi pada Minggu kemarin.

Baca Juga : 2019, Robert Kubica Kembali ke F1

 

Rekomendasi