Legenda Formula 1 Niki Lauda Meninggal Dunia

| 21 May 2019 09:16
Legenda Formula 1 Niki Lauda Meninggal Dunia
Niki Lauda (Foto: Twitter @Official_CS27)
Wina, era.id - Legenda Formula 1 Niki Lauda meninggal dunia pada usia 70 tahun. Kabar duka ini disampaikan keluarga sang legenda.

Lauda--yang memenangkan kejuaraan pebalap F1 pada 1975 dan 1977 bersama Ferrari dan kembali bertakhta pada 1984 dengan McLaren--meninggal pada Senin (20/5/2019), delapan bulan setelah menjalani transplantasi paru-paru.

Semasa hidupnya, dia diakui sebagai salah satu pebalap terhebat di dunia olahraga dan pernah mengalami luka bakar parah saat Grand Prix Jerman pada 1976 . Tetapi, Lauda kembali ke balapan dengan sangat cepat hanya enam pekan kemudian.

Dalam sebuah pernyataan yang dinukil dari Daily Mail, Selasa (21/5) keluarganya mengatakan, "Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan bahwa Niki yang kami cintai telah meninggal dunia dengan damai bersama keluarganya pada hari Senin."

"Prestasinya yang unik sebagai atlet dan wirausahawan adalah dan akan tetap tak terlupakan, semangat tanpa lelah untuk beraksi, keterusterangannya, dan keberaniannya tetap ada.

"Seorang panutan dan tolok ukur bagi kami semua, dia adalah suami, ayah, dan kakek yang penuh kasih dan perhatian yang jauh dari masyarakat, dan dia akan dirindukan."

Tim Formula 1 McLaren memberikan kicauan penghormatan kepada Lauda pada hari Selasa, mengatakan mereka 'sangat sedih' atas kematian Lauda.

"Niki akan selamanya berada di hati kami dan diabadikan dalam sejarah kami," kata tim itu.

 

Mantan juara dunia F1 Jenson Button juga memberikan penghormatan kepada Lauda di Twitter.

"Legenda telah meninggalkan kita. Istirahatlah dengan tenang Niki," kicau Button.

 

Wartawan Thomas Meyer dari Der Standard berkicau: "Niki Lauda meninggal dunia! Legenda Juara Dunia Formula Satu itu berusia 70 tahun."

 

Supaya kamu tahu. Kembalinya Lauda pada 1976 setelah menderita luka bakar yang parah menjadi momen tak terlupakan, dan pertarungannya dengan James Hunt dari Inggris menjadi subyek dari film hit Rush (2013).

Setelah pensiun dari balap, Lauda menjadi pengusaha maskapai penerbangan, dan telah menyetujui untuk menjual saham pengendali di Laudamotion ke Ryanair.

Pada awal tahun ini Lauda dirawat di rumah sakit di Wina karena flu, lima bulan setelah menjalani transplantasi paru-paru. Selamat jalan legenda!

 

Tags : f1
Rekomendasi