Spesifikasi Finney, Ponsel Pertama Berteknologi Blockchain

| 30 Nov 2018 16:24
Spesifikasi Finney, Ponsel Pertama Berteknologi Blockchain
Ponsel Finney (Foto: mobiltelefon.ru)
Jakarta, era.id - Ponsel pertama yang memasang teknologi blockchain, Finney, sudah dijual secara komersial, setelah Mei lalu mereka mengumumkan harga pasaran ponsel ini.

Laman Phone Arena menuliskan Finney dijual seharga 1.000 dolar AS atau setara dengan Rp14.540.000 (dengan kurs Rp14.540 per dolar AS). Namun konsumen bisa mendapatkan potongan harga 100 dolar jika mengikuti pra-pemesanan menggunakan Sirin Labs Token (SRN) dari produsen Finney.

Sirin Labs bekerja sama dengan Foxconn dan menggandeng Leo Messi untuk menjadi duta produk mereka. Perusahaan tersebut juga merencanakan bergabung dengan program Amazon Launchpad pada Januari 2019 untuk menjangkau konsumen.

Finney terlihat seperti ponsel pada umumnya, dengan layar 6 inci, rasio aspek 18:9 dan resolusi 1080 x 2160 FHD. Dilansir dari laman Phone Arena, ponsel ini akan ditenagai Snapdragon 845, CPU octa-core serta GPU Adreno 630.

 

Mesin tersebut akan didukung RAM 6GB dan kapasitas internal 128GB. Di belakang, akan ada kamera 12MP dan untuk swafoto 8MP. Finney sudah mendukung untuk pemindai sidik jari yang disebut ultra-aman dan NFC.

Kemampuan ponsel ini didukung baterai 3.000 mAH yang dapat mengisi daya 50 persen dalam 30 menit, serta sistem operasi Android 8.1 Oreo. Finney memiliki sertifikasi IP52, ada sedikit perlindungan dari air yang jatuh secara vertikal, misalnya hujan.

Finney menawarkan spesifikasi unik yang belum ada di perangkat seluler lain, ponsel dipasangi teknologi blockchain untuk dapat memiliki dompet mata uang kripto yang tidak tersambung ke internet sehingga peretas tidak bisa mengakses uang yang disimpan di sana.

Dompet digital Finney tidak tersambung ke internet untuk mencegah peretas mendapatkan akses ke mata uang kripto serta untuk memberi keamanan saat bertransaksi.

Sirin Labs memasang keamanan berlapis di Finney agar dapat mendeteksi serangan baik saat berada dalam jaringan maupun luar jaringan. Bagian belakang ponsel ini juga dilindungi Gorilla Glass.

Finney juga memiliki layanan bernama Token Conversion Services berupa penyederhanaan pertukaran untuk sejumlah koin dan token. Saat diluncurkan TCS Finney dapat digunakan untuk Bitcoin, Ethereum dan SRN.

 

Tags : smartphone
Rekomendasi