6 Panduan Mudah Memilih dan Membeli Smartphone untuk Kebutuhan Content Creator

| 01 Jun 2022 22:48
6 Panduan Mudah Memilih dan Membeli Smartphone untuk Kebutuhan Content Creator
Ilustrasi (Lukas Bieri dari Pixabay)

ERA.id - Perubahan kegiatan pemasaran dari konvensional ke arah digital membuat perusahaan mulai membuka posisi content creator. Jenis lowongannya beragam mulai dari intern, part time, full time, sampai freelance. Melihat ini tentu membuka peluang pekerjaan baru di masa depan.

Mulai dari perusahaan negara, swasta, sampai agensi membutuhkan sosok orang kreatif sebagai eksekutor konten. Sebelum menentukan ponsel yang dipilih, kenali dahulu pengertian seorang content creator.

Pengertian Content Creator

Menurut State of Digital Publishing, content creator adalah orang yang bertanggung jawab terhadap informasi yang disebar di media sosial.

Sedangkan menurut HubSpot, content creator merupakan orang yang membuat konten untuk tujuan edukasi dan hiburan yang nantinya sesuai berdasarkan kebutuhan audiens.

Dapat dikatakan, content creator adalah orang yang membuat konten dalam berbagai bentuk lalu dipublikasikan melalui berbagai sosial media.

Cara Memilih Smartphone untuk Content Creator

Jika Anda seorang content creator mandiri maupun bekerja di perusahaan atau agensi, memilih smartphone jadi salah satu pertimbangan demi menunjang kerjaan. Dari banyaknya pilihan di luar sana, Anda bisa melirik realme narzo 50.

realme narzo 50  merupakan ponsel yang mampu menunjang kebutuhan Anda untuk membuat konten. Kamera belakang 50MP AI Triple ini terbilang unggul untuk memotret sampai merekam gambar.

Selain urusan kamera dan video, hal apa saja yang jadi pertimbangan content creator dalam memilih smartphone.

1.   Spesifikasi yang mumpuni

Hal pertama yang diperhatikan adalah spesifikasi smartphone. Anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi smartphone lewat review yang ada di media sosial maupun artikel.

Membaca maupun menonton review smartphone akan membantu Anda mengambil keputusan. Salah satu cara untuk mencari spesifikasi yang mumpuni adalah membandingkan antar smartphone.

Dari perbandingan tersebut, Anda bisa tentukan sendiri manakah yang sesuai dengan kebutuhan membuat konten.

2.  Kapasitas RAM dan memori penyimpanan

Mengingat pekerjaan content creator mengandalkan berbagai aplikasi, tentunya memperhatikan kapasitas RAM harus diperhatikan. RAM yang terlalu kecil akan mengganggu pekerjaan Anda seperti edit gambar, edit video, sampai upload konten.

RAM 4GB sudah terbilang cukup menunjang proses tersebut. Namun jauh lebih baik, kalau memakai smartphone dengan RAM diatas 4GB.

Selain RAM, Anda perlu memperhatikan berapa kapasitas memori penyimpanan. Pastikan itu melegakan serta memudahkan, lebih bagus kalau memiliki opsi penyimpanan eksternal.

Memakai smartphone dengan memori penyimpanan 64GB terbilang cukup luas untuk menyimpan kerjaan, aplikasi content creator, serta materi untuk membuat konten.

3. Kapasitas baterai

Membuat satu konten dapat memakan waktu berjam-jam. Bahkan, ada yang menghabiskan waktu seharian penuh mulai dari membuat konsep sampai merilis konten. Melihat kondisi di lapangan tentunya membutuhkan smartphone yang bisa tahan seharian penuh.

Baterai berkapasitas 5000 mAh terbilang mampu bertahan sepanjang hari. Dalam kondisi baterai penuh, masih ada sisa sedikit sekian persen. Makin bagus lagi kalau kapasitas baterai di atas 5000 mAh.

Smartphone keluaran saat ini masih canggih karena memasang teknologi fast charging. Keunggulan dari teknologi ini dapat mengisi daya smartphone sampai penuh dalam hitungan jam.

realme narzo 50 memiliki Dart Charge 33W yang berarti untuk mengisi daya baterai sampai penuh (100%) butuh waktu 75 menit saja. Dengan ini, Anda bisa mengerjakan konten dengan tenang. Produktivitas naik serta hasil yang memuaskan.

4. Chipset penunjang editing gambar

Hal utama lainnya yang perlu diperhatikan juga adalah chipset yang dipakai. Jika melihat laptop untuk editing video, kebanyakan dari editor memakai laptop gaming. Dan hal yang sama pun berlaku pada smartphone.

Smartphone spek gaming tentu mendukung pekerjaan content creator. Penggunaan chipset adalah salah satunya. Realme narzo 50 memakai Mediatek Helio G96 sebagai dapur pacu.

5. Desain yang menarik

Mempertimbangakn estetika desain bisa menjadi pertimbangan content creator memilih smartphone. Selain kuat di dalam, kemasan luar akan mempengaruhi psikis pemakainya. Salah satunya adalah Anda semakin percaya diri.

Bicara soal penampilan ponsel, realme narzo 50 memakai desain kevlar. Memberikan sensasi kencang namun halus yang terinspirasi dari mobil balap.

Kehalusannya diperlihatkan dari refresh rate 120Hz. Yang mana layar melakukan refresh sebanyak 120 kali dalam satu menit. Sensasi ini makin dapat dirasakan dalam dimensi layar 164.1 x 75.5 x 8.5 mm. Ponsel ini hadir dalam dua varian warna berupa Speed Blue dan Speed Black.

6. Harga yang sesuai dan terjangkau

Terlepas dari semua spesifikasi, kapasitas RAM, kamera, desain, sampai memori penyimpanan, hal penting lainnya adalah nominal harga. Tentu, Anda ingin memiliki ponsel mutakhir dengan harga terjangkau.

Sekarang ini, banyak ponsel spesifikasi penjabat dengan harga merakyat. Salah satunya ponsel tersebut adalah rename narzo 50. Dengan harga Rp 2.499.000 saja, ponsel ini dapat Anda bawa pulang untuk membuat konten.

Anda bisa mendapatkan realme narzo 50 melalui  situs resmi realme. Manfaatkan kesempatan yang ada untuk memaksimalkan pekerjaan sebagai content creator.

Rekomendasi