Selamat Berkat iPhone Setelah Kapal Karam Di lautan

| 17 Dec 2018 15:43
Selamat Berkat iPhone Setelah Kapal Karam Di lautan
Layar tangkap NBC The Today Show (Twitter @TodayShow)
Okinawa, era.id - Kejadian menegangkan harus dialami oleh Rachel Neal, ketika kapal yang ditumpanginya bersama wisatawan lainnya karam di tengah lautan. Mereka bisa selamat berkat sebuah Iphone saat tengah mencari bantuan.

Rachel menceritakan kisahnya dalam sebuah wawancara online di NBC The Today Show, pada Minggu (16/12). Menurut penuturan Rachel, dirinya saat itu sedang berlibur dengan sejumlah teman ke Jepang. Mereka menyewa sebuah kapal untuk menuju sebuah pulau di lepas pantai Okinawa.

Namun, perjalanannya tidak berjalan sesuai rencana karena gelombang laut yang tinggi. Kapal yang ditumpanginya karam setelah diterjang ombak besar. Selama terombang ambing di lautan, mereka berusaha mencari pertolongan dengan menggunakan alat komunikasi satu-satunya yang berhasil ditemukan.

"Kami memiliki tas, kami mengenakan rompi pelampung, dan saya berfikir untuk mengeluarkan ponsel yang ada di dalam tas itu," kata Neal dalam wawancara NBC, Senin (17/12/2018).

 

Ponsel pertama yang diambil Rachel adalah milik pacarnya, namun sayang ponsel itu telah rusak karena air. Ia kembali merogoh tasnya dan menemukan iPhone miliknya yang masih berfungsi.

"Ada tapi (ponsel) tak bisa dipakai karena sudah kena banyak air. Kami lalu mengeluarkan ponselku, yang masih bisa berfungsi walaupun juga kena banyak air," lanjut Rachel.

Berkat iPhone yang masih berfungsi itu, Rachel bisa menelpon layanan darurat di Jepang. Sekitar 90 menit berselang, para penjaga pantai Jepang pun tiba untuk menyelamatkan Rachel dan kawan-kawan.

Tak diketahui persis iPhone model apa yang digunakan oleh Rachel. Namun, mengingat iPhone-nya yang anti air, bisa dikatakan kalau itu merupakan varian dari iPhone 7 atau seri di atasnya karena telah memiliki sertifikasi IP67 yang tahan air. 

Neal dan teman-temannya juga sempat mengabadikan proses penyelamatan, ketika penjaga pantai mulai mengangkat mereka dari air. Momen itu diabadikan melalui rekaman video yang kemudian menjadi viral.

Kisah penyelamatan berkat iPhone ini juga sampai ke telinga CEO Apple Tim Cook. Lewat akun Twitter pribadinya, Cook menyebutnya sebagai kejadian "luar biasa". Dirinya juga lega Rachel dan kawan-kawan selamat.

Rekomendasi