Enaknya Punya Paspor Jepang

| 09 Jan 2019 12:58
Enaknya Punya Paspor Jepang
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Berbahagialah wahai warga Jepang yang sudah memegang paspor. Buku wajib untuk urusan ke luar negeri milik pemerintah Jepang itu jadi yang paling powerful.

Maksudnya bukan soal ketahanan fisik dari paspor itu. Paspor Jepang, hasil pemantauan Henley Passport Index yang secara berkala mengukur akses paspor tiap negara, bisa menikmati akses bebas visa atau visa on arrival ke 190 negara tujuan di seluruh dunia.

Dilansir dari CNN, Rabu (9/1/2019), prestasi Jepang ini jadi yang kedua kalinya secara beruntun, negara Asia berada di urutan teratas dalam indeks, yang direvisi setiap tiga bulan. Korea Selatan akhirnya bergabung dengan Singapura karena paspor-nya bisa menikmati bebas visa ke 189 negara.

Chairman Henley & Partners' Group, Christian Kalin bilang, peringkat itu menjadi titik terang di dunia yang semakin terisolasi. "Penyebaran umum kebijakan pintu terbuka memiliki potensi untuk berkontribusi miliaran ke ekonomi global, serta menciptakan peluang kerja yang signifikan di seluruh dunia," katanya.

"Korea Selatan dan kenaikan peringkat Uni Emirat Arab baru-baru ini di peringkat adalah contoh lebih lanjut dari apa yang terjadi ketika negara-negara mengambil pendekatan urusan luar negeri proaktif, sebuah sikap yang secara signifikan bermanfaat bagi warga negara mereka serta masyarakat internasional," lanjut Kalin.

Tags : travelling
Rekomendasi